Women Business Leaders

Dengan "Incredible", Ihsan Mulia Putri Menavigasi SAVORIA Group

Ihsan Mulia Putri, Chief Executive Officer (CEO) SAVORIA Group di meja kerjanya (Foto Wisnu Tri Rahardjo/SWA)

Ihsan Mulia Putri, Chief Executive Officer (CEO) dari SAVORIA Group sejak 1 Januari 2019, dikenal karena gaya kepemimpinannya yang lugas dan ketajaman strategisnya. Di bawah kepemimpinannya, SAVORIA Group, bagian penting dari Djarum Group yang berfokus pada Fast-Moving Consumer Goods (FMCG), telah mengalami pertumbuhan dan transformasi signifikan, bahkan di tengah tantangan lanskap bisnis pascapandemi. Perjalanan kepemimpinan Ihsan dan pendekatannya dalam membangun organisasi yang dinamis dan gesit menawarkan wawasan berharga tentang manajemen bisnis yang efektif di era modern.

Salah satu tantangan utama yang dihadapi Ihsan selama beberapa tahun terakhir adalah mengarahkan beberapa usaha rintisan dalam SAVORIA Group secara bersamaan. Ini termasuk bisnis susu terintegrasi di bawah merek MilkLife, merek kopi premium Caffino dan Kopi Tubruk Gadjah, bisnis pastry dengan 5Days dan BonChef, serta jaringan distribusi dan logistik yang luas.

Membangun bisnis-bisnis ini dari awal memerlukan investasi besar serta pemahaman mendalam tentang permintaan pasar dan efisiensi operasional. Komitmen Ihsan terhadap keberlanjutan lingkungan terlihat dalam bisnis susu terintegrasi, yang mencakup praktik ramah lingkungan dalam peternakan sapi perah dan produksi biogas.

Secara internal, Ihsan fokus pada peningkatan pangsa pasar merek permen SAVORIA yang sudah mapan, FOX’S candy, dan mempercepat pertumbuhan organisasi. Dia mendukung penciptaan budaya perusahaan yang kuat di bawah tema "Incredible" (Integrity, Creativity, Dilligence, Blending), menekankan integritas, kreativitas, ketekunan, dan pencampuran. Kerangka budaya ini berfungsi sebagai panduan perilaku di semua tingkatan organisasi. Selain itu, Ihsan menerapkan Sistem Manajemen Kinerja yang kuat untuk memastikan pemantauan kinerja bisnis yang transparan dan berkelanjutan, menghubungkan kompensasi dan bonus karyawan dengan pencapaian Indikator Kinerja Utama (KPI) yang jelas.

Secara eksternal, lanskap kompetitif industri kopi, susu, dan permen menghadirkan tantangan signifikan. Ihsan menavigasi persaingan ketat, fluktuasi harga bahan baku yang tidak dapat diprediksi, dan pasar bakat yang sangat kompetitif. Dia merespons dengan mengembangkan program akuisisi dan retensi bakat yang komprehensif, menekankan rekrutmen berbasis kompetensi, pelatihan, dan promosi internal.

Strategi Pertumbuhan Bisnis

Untuk mendorong pertumbuhan bisnis, Ihsan menerapkan beberapa strategi inovatif. Dia secara agresif memperluas portofolio produk SAVORIA berdasarkan pemahaman mendalam tentang kebutuhan konsumen dan tren global. Strategi pertumbuhan organik ini mencakup peluncuran produk baru dan menjajaki peluang ekspor di pasar di mana produk Indonesia memiliki keunggulan kompetitif dalam hal kualitas dan harga. Selain itu, Ihsan mengejar pertumbuhan melalui usaha patungan dan akuisisi strategis, menargetkan segmen barang konsumsi yang belum dicakup oleh SAVORIA. Pendekatan ini mempercepat pertumbuhan dan diversifikasi bisnis secara keseluruhan.

Ihsan juga memprioritaskan peningkatan berkelanjutan dalam proses internal, terutama dalam strategi rute ke pasar. Dengan merampingkan proses pengembangan dan peluncuran produk, serta meningkatkan jaringan penjualan dan distribusi, SAVORIA memastikan penetrasi pasar yang efisien dan ketersediaan produk di berbagai saluran tradisional, modern, layanan makanan, dan e-commerce.

Membangun organisasi yang gesit dan adaptif adalah pilar lain dari kepemimpinan Ihsan. Dia menginstitusikan proses perencanaan strategis dan penganggaran tahunan yang didasarkan pada kondisi ekonomi, tren pasar, dan kebutuhan konsumen. Sistem Manajemen Kinerja memberikan evaluasi berkelanjutan terhadap proyek dan operasi bisnis, dengan kompensasi yang terikat pada pencapaian KPI. Rekrutmen berfokus pada perekrutan berbasis kompetensi, dilengkapi dengan pelatihan dan pembinaan untuk menciptakan lingkungan kerja yang dinamis dan positif. Program Continuous Improvement & Innovation Award (CIA) tahunan mendorong inovasi dan peningkatan berkelanjutan di semua departemen, menunjukkan komitmen SAVORIA terhadap kelincahan.

Kecepatan dan adaptabilitas SAVORIA ditunjukkan melalui beberapa pencapaian cepat, termasuk pendirian dan peluncuran pasar yang sukses dari bisnis susu, kopi, pastry, dan distribusi dalam waktu tiga tahun, peluncuran produk tahunan yang agresif, dan pengakuan sebagai Top Employer of Choice pada tahun 2023.

Peran Teknologi

Dalam mendorong transformasi digital, Ihsan menyadari peran penting teknologi dalam meningkatkan proses bisnis, pengambilan keputusan, efisiensi biaya, dan penanganan pelanggan. SAVORIA menerapkan beberapa inisiatif digital, seperti sistem layanan pelanggan untuk melacak keluhan dan melakukan survei pasar digital, sistem otomatisasi tenaga penjualan online (SFA), dan Otomasi Proses Robotik (RPA) untuk pemrosesan pesanan dan manajemen logistik yang mulus. Sistem e-procurement dan alat manajemen vendor meningkatkan efisiensi pengadaan dan pemantauan kinerja vendor.

“SAVORIA percaya bahwa teknologi akan mendorong percepatan proses bisnis terutama dalam hal pengambilan keputusan di level managemen, peningkatan cost saving, jumlah SDM yang lebih optimal, mengurangi human error dan consumer handling yang lebih terukur,” ungkap Ihsan.

Bisnis susu menggunakan sistem AFI Farm untuk pemantauan kesehatan ternak dan produksi susu secara real-time, sementara sektor manufaktur mengadopsi Sistem Digital Shopfloor untuk pemantauan terintegrasi proses produksi. Sumber Daya Manusia diuntungkan dari sistem "Great Day" yang mengelola semua aktivitas SDM, mulai dari pelacakan rekrutmen hingga penggajian. Manajemen korporat ditingkatkan dengan penerapan dashboard Business Intelligence dan otomatisasi laporan harian, memberikan wawasan berharga untuk analisis bisnis dan pemantauan kinerja.

Menciptakan lingkungan kerja yang kondusif adalah fokus utama lainnya bagi Ihsan. Manajemen SAVORIA memprioritaskan kesejahteraan karyawan, memahami bahwa karyawan yang bahagia lebih produktif dan terlibat.

“Management SAVORIA menaruh perhatian besar kepada tingkat kebahagiaan karyawan dimana SAVORIA percaya bahwa karyawan yang bahagia akan mampu memberikan kinerja terbaiknya,” Ihsan menegaskan.

Survei keterlibatan internal tahunan menginformasikan pengembangan program keterlibatan yang disesuaikan dengan kebutuhan karyawan. Program-program ini mencakup Klub Komunitas untuk mendukung berbagai hobi karyawan, menumbuhkan rasa komunitas dan kebersamaan. Pengaturan kerja yang fleksibel, program kesejahteraan, dan dukungan kesehatan mental juga merupakan bagian integral dari upaya SAVORIA untuk mempertahankan lingkungan kerja yang positif dan mendukung. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved