Trends

Polis Umrah Zurich Syariah Tumbuh 62%

Suasana jemaah di Masjidil Haram, Kota Makah, Arab Saudi. (dok Bait Al-Qur'an)

PT Zurich General Takaful Indonesia (Zurich Syariah) pada Januari-Mei 2024 mencatatkan pertumbuhan polis asuransi perjalanan umrah sebesar 62% jika dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Tidak hanya itu, nilai kontribusi asuransi perjalanan haji juga meningkat hingga 18% di sepanjang musim haji 2024.

Salah satu produk asuransi Zurich Syariah, yaitu Zurich Syariah Travel Insurance International mencatatkan kenaikan jumlah polis sebesar 85% di Januari-Mei tahun ini secara tahunan. “Gaya hidup halal menjadi suatu kebutuhan bagi masyarakat Indonesia, terutama yang beragama Islam. Melalui layanan Direktori Halal Trip yang dapat diakses oleh nasabah Zurich Syariah Travel Insurance melalui QR code yang tertera pada polis elektronik mereka, nasabah akan semakin dimanjakan dengan kemudahan dan kenyamanan untuk menentukan tujuan perjalanan halal mereka,” kata Presiden Direktur Zurich Syariah, Hilman Simanjuntak pada siaran pers di Jakarta, Rabu (26/6/2024).

Pada 2023, Kementerian Haji dan Umrah Kerajaan Arab Saudi mencatatkan jumlah tertinggi atas kedatangan jemaah umrah selama 5 tahun terakhir mencapai 13,5 juta jemaah, tumbuh 58% dibandingkan tahun sebelumnya. Di periode yang sama, asuransi perjalanan dari Zurich Syariah ini juga menjadi dominasi pilihan jemaah umrah mencapai lebih dari 20% atas total jemaah umrah asal Indonesia.

Pada 2024, pemerintah Arab Saudi menargetkan angka kedatangan jemaah umrah asal Indonesia meningkat menjadi 2 juta orang. Keyakinan tersebut didukung maraknya tren paket perjalanan umroh plus wisata ke negara-negara lain di sekitar Arab Saudi, seperti Turki, Uni Emirat Arab, hingga Maroko. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved