Financial Report

ASSA Bagikan Dividen Rp73,8 Miliar

Paparan publik virtual ASSA di Jakarta pada Rabu, 26 Juni 2024. (Tangkapan layar : Sri Niken Handayani/SWA).

PT Adi Sarana Armada Tbk (ASSA) akan membagikan dividen sebesar Rp73,8 Miliar atau atau Rp20 per saham dengan payout ratio 71% dari laba bersih ASSA tahun 2023. Pembagian dividen ini disahkan pada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPST) pada Rabu, 26 Juni 2024 di Jakarta.

Pada kuartal pertama 2024, Perseroan sukses membukukan laba bersih Rp71 miliar, tumbuh 37% YoY. Direktur Keuangan ASSA, Jerry Fandy, menyatakan ada tiga faktor yang akan mempengaruhi kinerja di tahun 2024 diantaranya tingkat suku bunga, inflasi dan harga BBM (Bahan Bakar Minyak).

“Tahun ini kami menargetkan kenaikan pendapatan usaha sekitar 10%,” ujarnya.

Menurutnya untuk growth engine akan didorong dari usaha rental. Kemudian engine lainnya berasal dari logistik dan kendaraan bekas yang diharapkan bisa tumbuh sekitar 15%. Tahun 2024 ini perseroan mengalokasikan CAPEX sebesar Rp1,3-1,5 triliun yang terutama akan digunakan untuk pembaharuan armada.

Selain pembaharuan armada, dana tersebut juga akan digunakan untuk membiayai berbagai kegiatan ekspansi lain, salah satunya digunakan untuk memperluas operasional di beberapa kantor cabang ASSA Rent untuk mengakomodir tingginya permintaan sewa kendaraan.

Saat ini ASSA memiliki 18 cabang dan 22 outlets dengan jumlah armada mencapai sekitar 30 ribu unit kendaraan. Perseroan optimis bisnis akan terus bertumbuh seiring dengan peningkatan kegiatan ekonomi yang tentu saja akan mendorong peningkatan kebutuhan logistik.

Untuk mendukung usaha Perseroan menjadi Perusahaan One Stop Logistics Solution, saat ini ASSA juga sedang mengembangkan pilar bisnis ke 4 yaitu dengan mengakuisis Kedai Pangan Sejahtera, perusahaan yang bergerak di bidang rantai pasok bahan makanan.

Langkah ini menunjukkan komitmen ASSA untuk mendiversifikasi portofolio bisnisnya, mengikuti tren pasar, dan memenuhi kebutuhan logistik yang semakin meningkat dalam perekonomian yang berkembang. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved