CSR Corner

Literasi dan Inklusi Keuangan Pelajar, CIMB Niaga Sejak 2011 Hingga Juni Tahun Ini Mengedukasi 90.658 Orang

PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) memberikan materi tentang dunia perbankan dan perencanaan keuangan, termasuk pengenalan produk investasi bagi pelajar. (Foto: CIMB Niaga)

PT Bank CIMB Niaga Tbk (BNGA) atau CIMB Niaga meningkatkan literasi dan inklusi keuangan di kalangan pelajar Indonesia seiring diimplementasikan program Tour de Bank (TDB) yang memperkenalkan peran dan fungsi perbankan kepada para siswa SD sert Ayo Menabung dan Berbagi (AMDB) yang diikuti siswa SMP dan SMA dengan materi tentang dunia perbankan dan perencanaan keuangan, termasuk pengenalan produk investasi.

Direktur Compliance, Corporate Affairs and Legal CIMB Niaga, Fransiska Oei menyatakan perseroan meyakini literasi keuangan merupakan soft skill penting yang harus dimiliki generasi muda agar semakin bijak dan cerdas dalam mengelola keuangan untuk masa depan. "Karena itu, kedua program CIMB Niaga itu mendukung Program Satu Rekening Satu Pelajar (KEJAR) dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang menanamkan kebiasaan menabung sejak dini," ujar Fransiska pada keterangannya yang dikutip pada Rabu, (26/6/2024).

Perseroan sejak 2011 menggelar program literasi dan inklusi keuangan untuk pelajar. Hingga Juni 2024, program tersebut telah menjangkau pelajar sebanyak 90.658 orang di berbagai kota Indonesia. Adapun khusus pada 2023, program ini sukses menjangkau 27 kota dan melibatkan 7.646 pelajar dari 84 sekolah, serta berhasil membuka 1.954 rekening tabungan baru dari pelajar.

Program literasi dan inklusi keuangan pada tahun ini dilaksanakan di 20 kota. CIMBA Niaga per Juni 2024 ini menjalankan program ini ke berbagai kota-kota seperti Jabodetabek, Garut, Cianjur, Cirebon, Sukabumi, Blitar, Salatiga, Semarang, dan Mojokerto dengan melibatkan 3.385 pelajar dari berbagai sekolah. Berbeda dengan tahun sebelumnya, program tahun ini juga didukung oleh Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) yang hadir langsung menyapa para siswa di SMKN 1 Cipanas, Cianjur, Jawa Barat. “Melalui program tersebut, kami berharap dapat terus berkontribusi meningkatkan literasi keuangan masyarakat dan mendukung pencapaian tujuan inklusi keuangan nasional,” ujar Fransiska. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved