Technology

Pameran Wonderlab di Grand Indonesia Menyemarakkan Liburan Sekolah

Foto : Sri Niken Handayani/SWA.

Menyambut musim libur sekolah, Grand Indonesia berkolaborasi dengan Genexyz, sebuah perusahaan kreator Metahuman di Indonesia menghadirkan acara multisensori Wonderlab. Acara yang digelar pada 21 Juni hingga 21 Juli 2024 ini dikemas mengabungkan perpaduan metahuman dan teknologi.

Belinda Luis, CEO Genexyz, mengatakan kegiatan ini sebagai bentuk seni bercerita tentang penjelajahan tanpa batas yang tidak terikat ruang dan waktu. Melalui perpaduan Metahuman™ dan berbagai instalasi digital ini pengunjung akan terinspirasi bagaimana teknologi dapat membawa mereka melampaui batas-batas konvensional dalam menciptakan kehidupan yang lebih di era digital.

Wonderlab menyediakan 11 journey yang berisikan berbagai aktivitas dan teknologi seperti Metahuman™, Virtual Influencers, Hologram, Interactive Screen, Robotics, Projection Mapping, Integrated AI, Motion Capture, Generative Sound, Generative Art, Voice Recognition, Robodog, Real-time Interaction with Metahuman, Music & Entertainments, dan Exclusive Merchandise.

Acara ini membidik anak-anak hingga dewasa. Wonderlab menyodorkan kegiatan yang rekreatif dan sarat muatan edukasi. “Mereka perlu diajak untuk terlibat dan berinteraksi langsung dengan aktivitas-aktivitas edukatif, agar pikiran mereka tergugah untuk menciptakan hal kreatif dan inovatif,” ujar Kanina Hanindita, perwakilan dari Grand Indonesia di Jakarta, Selasa kemarin.

Salah satu produk inovatif di Wonderlab adalah figur artis cilik virtual, AkuNaura yang berkolaborasi dengan Trinity Optima dalam menginspirasi pengunjung untuk membebaskan imajinasi mereka di tengah-tengah lingkungan virtual. Di sini, pengunjung bersama-sama diajak untuk menyanyikan lagu anak-anak dari AkuNaura. Inovasi ini juga menunjukanara baru untuk memberikan interaksi yang berkesan antara idola dan penggemarnya. “Tugas kami di bidang advertising yaitu untuk memberikan ‘soul’ kepada brand. Caranya, selain melalui iklan (one-way communication) dan media sosial (two-way communication), interaksi dengan audiens secara 360 juga sangat penting. Acara ini merupakan channel yang menarik bagi brand yang progressive dan future-thinking untuk mengaplikasikannya.” papar Ivan Hadywibowo, Founder & CEO FCN.

Salah satu instalasi yang menarik ditemui SWA pada acara tersebut berada di instalasi Telkomsel yang menciptakan asisten virtual bernama TED, Enterprise Digital Account Manager yang mengintegrasikan teknologi Generative AI (Gen AI) untuk meningkatkan kualitas layanan bagi pelanggan bisnis Telkomsel dan TelkomGroup. TED tidak hanya bisa menjawab pertanyaan melalui chat namun bisa dalam bentuk voice to voice dan text to voice.

VP Corporate Strategy, Innovation, Sustainability and Marketing Telkomsel, Endra Diputra, mengatakan TED ini memudahkan pelangan untuk bertanya sesuai dengan kebutuhannya dan diberikan solusinya oleh TED tersebut. “Ke depannya, Telkomsel akan terus mengembangkan kapabilitas TED sehingga bisa memastikan bahwa setiap langkah bisnis lebih terarah dan fokus lebih optimal pada prospek potensial,” tuturnya. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved