Capital Market & Investment

Altcoin dan Memecoin Menguat saat Harga Bitcoin Anjlok

Harga Bitcoin (BTC) mengalami penurunan selama sepekan terakhir, terjun di bawah level US$62.000 atau sekitar Rp1,01 miliar. Penurunan ini dipicu oleh berbagai faktor, termasuk meningkatnya kekhawatiran pelaku pasar terhadap kebijakan suku bunga The Fed yang tinggi, menguatnya dolar AS, arus keluar dari ETF Bitcoin spot, sentimen negatif terkait Mt. Gox dan penjualan BTC oleh Jerman, penurunan tingkat hash Bitcoin, dan minimnya penerbitan stablecoin.

Tekanan jual Bitcoin terus meningkat akibat berbagai sentimen negatif, termasuk kekhawatiran terhadap suku bunga The Fed yang tinggi dan kekuatan dolar AS yang mengurangi daya tarik kripto. The Fed mengisyaratkan untuk mempertahankan suku bunga tinggi pada periode yang lebih lama dari yang diharapkan pelaku pasar. The Fed kemungkinan hanya satu kali menurukan suku bunga tahun ini jika ekonomi AS sesuai dengan perkiraan. "Meskipun siklus halving Bitcoin tahun 2024 berbeda dengan siklus sebelumnya, di mana harga mencapai rekor tertinggi baru sebelum, bukan setelah halving, banyak bukti menunjukkan bahwa kenaikan paling signifikan Bitcoin masih akan datang," kata Trader Tokocrypto Fyqieh Fachrur di Jakarta, Kamis (27/6/2024).

Meskipun Bitcoin mengalami tekanan, altcoin dan memecoin justru menunjukkan penguatan dalam seminggu terakhir. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh investor yang mencari alternatif sementara di tengah ketidakpastian pasar Bitcoin, potensi pertumbuhan tinggi altcoin dan memecoin, dan pola teknis yang menandakan peluang rebound.

Fyqieh mengamati pergerakan ini menunjukkan pasar kripto yang sedang dalam fase konsolidasi. Penurunan Bitcoin wajar terjadi dalam tren jangka panjang. Namun, altcoin dan memecoin yang menguat menunjukkan minat investor terhadap alternatif lain di luar Bitcoin. Hal ini menunjukkan bahwa pasar kripto tidak hanya bergantung pada satu aset, dan investor mulai mencari peluang di aset lain.

Untuk itu, Investor perlu memperhatikan beberapa sentimen penting dalam jangka pendek, seperti keputusan suku bunga The Fed, rilis data ekonomi AS, dan perkembangan regulasi kripto. Sentimen-sentimen ini dapat mempengaruhi arah pergerakan harga Bitcoin dan altcoin dalam beberapa minggu ke depan. Secara keseluruhan, pasar kripto masih menunjukkan potensi pertumbuhan jangka panjang. Investor perlu melakukan riset mendalam sebelum berinvestasi dan mempertimbangkan strategi investasi yang sesuai dengan profil risiko. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved