Management

Jalin Gandeng Bank UMKM Jatim Percepat Transformasi Digital di BUMD

Kolaborasi Jalin dan Bank UMKM Jatim. (dok Jalin)

PT Jalin Pembayaran Nusantara (Jalin), perusahaan pemroses transaksi pembayaran digital, telah menjalin kerja sama dengan PT Bank Perkreditan Rakyat Jawa Timur (Bank UMKM Jatim) untuk mendukung pertumbuhan ekonomi digital di Jawa Timur, khususnya bagi sektor UMKM yang menjadi tulang punggung perekonomian daerah.

Kerja sama strategis antara Bank UMKM Jatim dan Jalin bertujuan untuk memperkuat layanan perbankan dan mendukung percepatan digitalisasi di sektor UMKM. Fokus kerja sama ini adalah memanfaatkan teknologi digital guna menyediakan layanan yang lebih cepat, aman, dan efisien bagi seluruh nasabah Bank UMKM Jatim.

"Kolaborasi dengan Jalin adalah langkah penting dalam perjalanan digitalisasi kami. Dengan memanfaatkan solusi teknologi yang ditawarkan oleh Jalin, kami dapat meningkatkan layanan kami kepada pelaku UMKM di Jawa Timur," kata Plt. Direktur Utama Bank UMKM Jatim, Irwan Eka Wijaya, pada Kamis (27/6/2024).

Seperti yang diketahui, percepatan transformasi digital perbankan daerah sangat penting. Berdasarkan data Bank Indonesia, pertumbuhan kredit UMKM mencapai 6,74% (yoy) pada Mei 2024, menunjukkan bahwa sektor usaha kecil dan menengah tumbuh pesat di tengah pemulihan ekonomi nasional. Hal ini tidak lepas dari peran infrastruktur sistem pembayaran digital yang kuat dan mudah diakses.

Penguatan infrastruktur sistem pembayaran digital seperti QRIS dan perbankan digital secara umum telah membuka peluang bagi UMKM untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Hal ini tercermin dari peningkatan transaksi QRIS sebesar 213,31% (yoy) dan pertumbuhan transaksi perbankan digital sebesar 10,82% (yoy).

"Untuk mempercepat transformasi digital di sektor perbankan daerah, Jalin akan menyediakan sistem pemrosesan pembayaran digital bagi Bank UMKM Jatim. Layanan ini mencakup pengelolaan transaksi melalui jaringan ATM Link, kartu debit, uang elektronik, dan debit online. Selain itu, terdapat potensi implementasi sistem pembayaran digital QRIS di seluruh UMKM yang menjadi mitra Bank UMKM Jatim," ujar Direktur Utama Jalin, Ario Tejo Bayu Aji.

Kolaborasi antara PT Jalin Pembayaran Nusantara dan PT Bank Perkreditan Rakyat Jawa Timur tidak hanya mencerminkan komitmen untuk mengakselerasi digitalisasi di sektor UMKM, tetapi juga menjadi tonggak penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi digital di Jawa Timur secara keseluruhan. Dengan infrastruktur pembayaran digital yang semakin kuat, diharapkan UMKM dapat memanfaatkan teknologi ini untuk meningkatkan daya saing dan mengakses pasar yang lebih luas, menciptakan ekosistem bisnis yang lebih inklusif dan berkelanjutan bagi masa depan perekonomian daerah. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved