Strategy

IPC Terminal Petikemas Fasilitasi UMKM Mengekspor Pinang Belah ke Bangladesh

IPC TPK melayani muat petikemas berisi 37.200 kg pinang belah milik PT Alfa Indo Asia dengan tujuan ke Bangladesh. (Foto : Istimewa).

IPC Terminal Petikemas (IPC TPK) Area Jambi kembali memfasilitasi pelaku UMKM dalam menjangkau pasar global melalui ekspor pinang belah (split betel nut). Pada pelepasan ekspor kali ini, IPC TPK melayani muat petikemas berisi 37.200 kg pinang belah milik PT Alfa Indo Asia dengan tujuan ke Bangladesh pada Jumat pekan lalu.

Sebelumnya, IPC TPK area Jambi pada September 2023 memfasilitasi ekspor pinang belah sebanyak 18.000 kg yang dikirimkan CV Indo Kara ke Bangladesh. “Sebagai operator terminal peti kemas yang beroperasi di wilayah Jambi, IPC TPK sangat mendukung upaya peningkatan perekonomian khususnya di Provinsi Jambi melalui kegiatan ekspor dalam hal ini komoditas pinang belah,” ujar Wedhar Tani Aji, Manager IPC TPK Area Jambi pada keterangan tertulis yang dikutip Jumat, (28/6/2024).

Merujuk data Kementerian Pertanian, komoditas pinang menyumbang 16,7% dari total komoditas ekspor. Pinang merupakan salah satu komoditas unggulan di wilayah Jambi yang menjadi bahan baku pewarna alami dan berkhasiat bagi kesehatan. Pemanfaatan pinang belah merupakan salah satu upaya diversifikasi produk untuk meningkatkan nilai tambah biji pinang.

Dengan demikian, pinang belah memiliki peranan besar dalam peningkatan perdagangan baik di wilayah Jambi maupun di Indonesia. Pada pelepasan ekspor kali ini, dihadiri oleh Kepala Kantor Disperindag Provinsi Jambi, Kepala Kantor Bea Cukai Provinsi Jambi, Kepala Kantor Balai Karantina Provinsi Jambi, Kepala Kantor KPPBC TMP B Jambi, Direktur Utama PT Alfa Indo Asia serta Tim Komersial Pelindo Regional 2 Jambi. "Harapan kami, langkah strategis ini menjadi pemacu bagi UMKM, terutama komoditas hasil bumi di wilayah Jambi dalam memasarkan produknya ke pasar global.", tutur Wedhar. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved