Automotive

Penjualan Suzuki di Mei 2024 Melonjak 22%

Foto : SIS.

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) pada Mei 2024 mencatatkan pertumbuhan penjualan mobil sebesar 22% apabila dibandingkan April tahun ini. Penjualan di bulan lalu itu didorong penjualan New XL7 Hybrid, All New Ertiga, dan Baleno di kategori mobil penumpang. Penjualan Suzuki di seluruh model hybrid bahkan mampu mendominasi sebesar 43% dari total penjualan passenger Suzuki di periode yang sama ini. Selain kendaraan penumpang, kendaraan kategori kendaraan niaga memberikan angka positif sebesar 52% dari total penjualan Suzuki

Randy R. Murdoko, Dept. Head of 4W Sales SIS, mengatakan persaingan pasar yang sehat dan kompetitif ini memacu Suzuki Indonesia untuk menyesuaikan strategi penjualan dengan kebutuhan pelanggan kami. “Tentu kami bangga dengan torehan penjualan bulan Mei 2024 yang kian meningkat. Pasar otomotif kini semakin menarik. Dengan semakin maraknya pemain di industri ini, Suzuki Indonesia semakin tertantang untuk menyesuaikan strategi penjualan dan pelayanan kami sehingga dapat terus menjaga kepuasan maksimal pelanggan setia kami,” ujar Randy di Jakarta, Jumat (28/6/2024).

Suzuki New XL7 memimpin penjualan mobil passenger dengan peningkatan sebesar 28% jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya, dengan komposisi yang didominasi oleh New XL7 Hybrid sebesar 61%. Selain itu, di kategori 3 row Medium SUV, XL7 mengalami peningkatan market share sebesar 6%. Masih menjadi primadona, penjualan All New Ertiga didominasi oleh varian hybrid sebesar 70% dari total penjualan All New Ertiga. Dari catatan penjualan bulan Mei 2024, kendaraan hybrid terus menunjukkan eksistensinya dengan kontribusi sebesar 21% dari total keseluruhan penjualan kendaraan Suzuki Indonesia.

Setelah All New Ertiga, kontributor ketiga adalah Baleno yang mampu menorehkan peningkatan sebesar 57% dibandingkan penjualan bulan sebelumnya, serta memimpin market share tertinggi yaitu sebesar 65% di kategori sedan hatchback Indonesia pada Mei 2024. Kendaraan kategori penumpang lain yang mampu menarik perhatian konsumen adalah Grand Vitara, yang mengalami peningkatan retail bulanan sebesar 80% dibandingkan bulan sebelumnya. Kedua mobil usungan Suzuki Indonesia yang mengisi rak produk stylish – modern ini semakin menarik minat masyarakat seperti yang aktif di perkotaan.

Selain kategori mobil penumpang, mobil niaga pun turut menunjukkan prestasi cemerlangnya. Hal ini dibuktikan tidak hanya melalui komposisi penjualan mobil komersil yang mendominasi pada Mei 2024, melainkan juga peningkatan penjualan New Carry hingga 26% jika dibandingkan bulan sebelumnya.

Randy, pada keterangan tertulisnya ini, menjabarkan penjualan SIS di Mei 2024 itu mencerminkan kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap Suzuki yang terus memilih Suzuki sebagai brand otomotif untuk menunjang mobilitas. “Kami juga sangat bangga dapat berkontribusi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi secara nasional. Besar harapan kami agar hal positif ini dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan. Untuk itu, Suzuki selalu berusaha untuk terus beradaptasi dan berinovasi baik untuk produk maupun layanan yang kami berikan,” tutur Randy. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved