Technology

MediaTek Optimalisasi AI, Kreasikan Teknologi Masa Depan

Teknologi Artificial Intelligence (AI) dan AI generative (Gen-AI) sebagai peluang penting dan transformatif yang akan membentuk masa depan teknologi. (Foto: Mediatek)

MediaTek mengungkapkan bahwa mereka telah menjadi vendor chipset selular nomor satu di dunia selama hampir empat tahun beruntun sejak kuartal III/2020, yang menegaskan posisinya sebagai pemimpin berkelanjutan di pasar ini. MediaTek menyebutkan kawasan Asia Tenggara termasuk di antara tiga pasar yang mencatatkan Total Addressable Market (TAM) sebesar 50% pada ponsel pintar tahun lalu.

Pencapaian ini makin memperkuat bahwa MediaTek secara khusus ditempatkan untuk memenuhi permintaan konsumen teknologi modern, terutama di kawasan Asia Tenggara, di mana tingkat kecanggihannya yang tingkat tinggi merupakan bukti kualitas yang ditawarkan oleh MediaTek.

MediaTek mencermati teknologi artificial intelligence (AI) dan AI generative (Gen-AI) sebagai peluang penting dan transformatif yang akan membentuk masa depan teknologi. Perusahaan menyadari potensi AI yang sangat besar dalam mendorong inovasi dan efisiensi di berbagai aplikasi. Seiring dengan terus berkembangnya teknologi AI, MediaTek bertujuan untuk menjadi yang terdepan, memanfaatkan keahliannya dalam mengembangkan solusi yang memenuhi permintaan konsumen dan industri di seluruh dunia yang terus meningkat.

Gen-AI diharapkan dapat mendorong inovasi di berbagai pasar. MediaTek mengumumkan bahwa mereka memperluas ekosistemnya dengan dukungan dari Baidu dan LLama, antara lain untuk memberdayakan Gen-AI dalam perangkat dengan fitur-fitur real time seperti penghapusan objek dan pembuatan gambar.“Kami berada di posisi strategis sebagai pendorong pertumbuhan teknologi AI generatif di banyak aplikasi. Tidak hanya pada ponsel pintar, chromebook, dan TV pintar, namun juga solusi otomotif dan solusi cerdas yang akan sangat dipengaruhi oleh teknologi AI,” ujar Finbarr Moynihan, Vice President Coorporate Marketing MediaTek dalam keterangan tertulis pada Jumat, (28/6/2024).

Selain itu, MediaTek kini berfokus pada pusat data komputasi awan (cloud). Infrastruktur cloud dan pusat data untuk teknologi AI sangatlah penting, dan perusahaan itu melihat peluang besar bagi MediaTek di sana. Area fokus utamanya adalah Gen-AI yang diharapkan dapat mendorong inovasi di berbagai pasar. MediaTek mengumumkan bahwa mereka memperluas ekosistem AI generatif dengan dukungan dari Baidu dan LLama, antara lain, untuk memberdayaan Gen-AI pada perangkat dengan fitur-fitur real time seperti penghapusan objek dan pembuatan gambar.

MediaTek juga mengumumkan bahwa mereka menduduki posisi nomor satu di pasar prosesor ponsel pintar, dengan menguasai hampir 64% pangsa pasar di Indonesia. Pencapaian ini mencerminkan teknologi inovatif MediaTek serta komitmen mereka terhadap kemitraan lokal yang kuat. Selain itu, meningkatnya tingkat penetrasi ponsel 5G di negara ini diperkirakan akan memberikan dorongan lebih lanjut bagi pertumbuhan.

MediaTek juga mendukung industri FinTech untuk memajukan pembayaran non-tunai melalui solusi IoT yang didedikasikan untuk mendorong inovasi dan pertumbuhan teknologi digital di Indonesia.

Sementara MediaTek Incorporated adalah perusahaan semikonduktor fabless global yang memungkinkan hampir 2 miliar perangkat terhubung setiap tahun. Perusahaan ini mengaku sebagai pemimpin pasar dalam mengembangkan system-on-chip (SoC) yang inovatif untuk perangkat seluler, hiburan rumah, konektivitas, dan produk IoT.

Dedikasi terhadap inovasi telah memosisikan MediaTek Inc sebagai kekuatan pasar penggerak di beberapa bidang teknologi utama, termasuk teknologi seluler yang sangat hemat daya, solusi otomotif, dan berbagai produk multimedia canggih seperti ponsel pintar, tablet, televisi digital, 5G, perangkat asisten suara (voice assistant devices;VAD) dan perangkat yang dapat dikenakan di tubuh. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved