Business Research

Survei Confluent: Industri TI Indonesia Optimistis Menggunakan Gen-AI dan Data Streaming

Rully Moulany, Area Vice President Asia at Confluent dan Shaun Clowes, Chief Product Officer Confluent (Foto: Confluent)

Confluent, Inc., perusahaan streaming data global, merilis Laporan 2024 Data Streaming Report: Breaking Down the Barriers to Business Agility & Innovation. Laporan ini membahas tentang bagaimana organisasi menggunakan streaming data untuk berinovasi, mempercepat adopsi Artificial Intelligence (AI), meningkatkan kelincahan bisnis, meningkatkan pengalaman pelanggan, dan mengatasi tantangan aksesibilitas dan manajemen data.

Berdasarkan survei yang dilakukan terhadap 4.110 pemimpin teknologi informasi (TI) yang memiliki pengalaman dalam streaming data di 12 negara, termasuk 200 pemimpin TI dari Indonesia, laporan ini menunjukkan peran penting yang dimainkan oleh streaming data untuk memaksimalkan potensi data.

Cepat tanggap adalah kunci keberhasilan dalam lanskap bisnis yang dinamis saat ini, data yang lambat, tidak konsisten, ketinggalan zaman, atau tidak bisa diatur akan merusak kesuksesan karena tidak dapat diandalkan dan dapat menyebabkan pengambilan keputusan yang buruk. Sangat penting untuk memanfaatkan data yang terus mengalir untuk menemukan kebutuhan pelanggan, meningkatkan operasi bisnis dan menemukan wawasan sehingga organisasi dapat bertindak secara efisien dan cepat.

Faktanya, 86% responden global menyebutkan bahwa streaming data merupakan prioritas strategis atau penting dalam investasi TI tahun ini. Temuan ini terlihat lebih kuat di Indonesia, dengan para pemimpin TI yang menilai GenAI dan streaming data sebagai prioritas dibandingkan dengan sebagian besar negara lain.

Dalam ekonomi digital yang bergerak cepat saat ini, streaming data sangat penting untuk kesuksesan perusahaan. Hal ini memungkinkan perusahaan di berbagai industri untuk memproses dan menganalisis data secara real time, memberikan wawasan yang dapat ditindaklanjuti yang mendorong inovasi dan efisiensi operasional. “Dengan memanfaatkan data streaming, kami dapat lebih memahami pelanggan kami, memungkinkan inovasi produk dan layanan, serta tetap menjadi yang terdepan dalam persaingan di pasar Indonesia yang dinamis," ujar Rully Moulany, Area Vice President Asia di Confluent pada Jumat, (28/6/2024).

Shaun Clowes, Chief Product Officer Confluent, menambahkan banyak organisasi yang memiliki data yang terkotak-kotak dalam sistem dan aplikasi yang berbeda, sehingga mustahil untuk menemukan dan mengambil manfaat dari salah satu aset bisnis mereka yang paling penting, yaitu data. Streaming data bertindak sebagai sistem saraf pusat untuk bisnis dengan menghubungkan sistem dan aplikasi sehingga data real-time dapat dengan mudah diakses untuk pengambilan keputusan dan meningkatkan proses bisnis dan pengalaman pelanggan.

Beberapa temuan penting dalam laporan tersebut antara lain: pertama, platform streaming data mendorong adopsi AI yang lebih cepat. GenAI menjadi perhatian utama bagi banyak perusahaan, tetapi agar model AI dapat memberikan hasil yang akurat dan relevan, data harus dapat dipercaya, dalam format yang tepat, dan se-real time mungkin. Retrieval augmented generation (RAG) telah muncul sebagai pola umum untuk membangun aplikasi yang mendukung GenAI dengan menghubungkan model LLM tujuan umum ke data spesifik domain secara bersamaan memungkinkan kontrol akses granular dan meminimalkan halusinasi.

Temuan kedua, Indonesia lebih optimistis terhadap GenAI dan peran streaming data dibandingkan negara lain. Sebanyak 90% menyatakan bahwa investasi dalam GenAI akan meningkat dalam dua tahun mendatang. Lalu, 89% menyebutkan bahwa platform streaming data secara ekstensif atau secara signifikan mendorong kemajuan AI dengan membangun fondasi data real time yang diperlukan untuk mendorong inisiatif ini. Juga, 97% menyatakan bahwa platform streaming data melacak data yang dimasukkan ke dalam model untuk tujuan tata kelola.

Yang ketiga, streaming data menyederhanakan pengembangan produk data dan mendorong penggunaan ulang serta penghematan biaya. Seiring dengan upaya organisasi untuk memperluas dan menyederhanakan akses dan penggunaan kembali data, semakin banyak organisasi yang berpikir untuk mengatur data mereka ke dalam produk data.

Produk data adalah aset data yang hidup, disempurnakan, diatur sepenuhnya, dan siap pakai yang langsung dapat ditemukan, dikontekstualisasikan, dapat dipercaya dan dapat digunakan kembali untuk berbagai kasus penggunaan. Produk data memungkinkan organisasi untuk menggunakan kembali data di berbagai kasus penggunaan untuk menghemat biaya dan waktu.

Para pemimpin TI di Indonesia sangat setuju bahwa streaming data menyederhanakan pengembangan produk data, mendorong penggunaan ulang, dan menghemat biaya.

Temuan keempat, platform streaming data mencegah silo data dan mengatasi tantangan aksesibilitas data. Laporan Streaming Data 2024 menunjukkan bahwa platform streaming data membantu organisasi mengatasi berbagai tantangan aksesibilitas data, termasuk mengatasi data yang terkotak-kotak, yang menghambat operasi berbasis data secara real-time. Sebagai sistem saraf pusat untuk bisnis, platform streaming data menghubungkan aplikasi dan sistem untuk memastikan data tersedia secara real-time, di mana pun data tersebut dibutuhkan. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk fokus pada percepatan inovasi alih-alih menavigasi labirin koneksi point-to-point.

Di Indonesia, 85% pemimpin TI menemukan lima atau lebih tantangan terkait data yang berdampak pada organisasi mereka, dengan data yang terkotak-kotak dan silsilah data yang tidak pasti menjadi tantangan utama.

Temuan kelima, streaming data memberikan manfaat yang signifikan untuk investasi bisnis. Laporan ini menunjukkan bahwa streaming data membuahkan hasil di setiap industri dan organisasi dari semua ukuran mencapai nilai, meskipun dengan sumber daya yang terbatas. "Di GetPlus, terdapat puluhan ribu transaksi setiap harinya, sehingga sangat penting bagi kami untuk menyediakan deteksi dan pembaruan secara real-time terkait transaksi yang tidak biasa dan perubahan perilaku pelanggan demi pengalaman pelanggan yang lebih baik," ucapnya.

Streaming data memungkinkan kami untuk menyesuaikan diri dengan permintaan yang ada dan memungkinkan kami untuk memproses dan menganalisis transaksi secara real time, hal ini secara signifikan meningkatkan kemampuan kami dalam mengidentifikasi dan memitigasi aktivitas penipuan, sehingga dapat menghasilkan pencegahan kerugian lebih dari Rp100 juta per bulan. Hal ini juga memperkuat sistem keamanan dan membantu kami untuk menjaga kepercayaan pelanggan," ujar Charles Bernardo, Head of Data Analytics, Global Poin Indonesia. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved