Leaders

Surya Fitri, CEO Baru PT Siemens Indonesia

PT Siemens Indonesia, perusahaan teknologi terkemuka dalam transformasi digital untuk industri dan infrastruktur, mengumumkan penunjukan Surya Fitri sebagai Presiden Direktur dan Chief Executive Officer efektif mulai tanggal 1 Juli 2024. Dalam perannya ini, Surya menggantikan Dr. Lamine Jendoubi, yang telah berperan penting atas kesuksesan PT Siemens Indonesia dalam mendukung transformasi digital industri dan infrastruktur penting di Indonesia. Setelah hampir tiga tahun, Lamine akan kembali ke kantor pusat Siemens di Jerman untuk menjalani posisi barunya.

Dengan latar belakang yang luas dan rekam jejak keberhasilan serta kepemimpinan di bidang manajemen energi, Surya membawa segudang pengalaman dan visi ke PT Siemens Indonesia. Surya telah menduduki berbagai posisi kepemimpinan di sepanjang karirnya dan kini siap memimpin PT Siemens Indonesia untuk memasuki fase pertumbuhan dan inovasi selanjutnya. Keterampilan serta pengalaman Surya tentang dinamika pasar akan berperan penting dalam mendorong kesuksesan dan posisi kepemimpinan pasar perusahaan lebih lanjut.

“Saya sangat senang menyambut Surya Fitri bergabung dengan PT Siemens Indonesia,” ungkap Dr. Lamine Jendoubi. “Kepemimpinan dan keahlian industri yang dimiliki telah menjadikan beliau kandidat ideal untuk memimpin Siemens agar semakin maju dan terus berkembang ke depannya. Saya yakin bahwa di bawah kepemimpinan Surya, Siemens akan mencapai tingkat kesuksesan baru di Indonesia.”

Atas penunjukkannya, Surya mengungkapkan, “Saya merasa terhormat dapat bergabung dengan PT Siemens Indonesia dan bekerja bersama dengan tim berbakat untuk memaksimalkan potensi perusahaan. Ke depannya, kami akan berinovasi dan berkolaborasi untuk terus mendorong pertumbuhan serta memberikan nilai tambah kepada para pelanggan dan karyawan Siemens."

Selain menjabat sebagai Presiden Direktur dan CEO, Surya juga akan mengemban tanggung jawab sebagai Kepala Bisnis Smart Infrastructure di PT Siemens Indonesia. Dengan pengalaman lebih dari 30 tahun di industri Manajemen Energi, sebelumnya Surya adalah Vice President Power Systems Business Unit di PT Schneider Indonesia dan menghabiskan sekitar 10 tahun menjabat di berbagai posisi di perusahaan tersebut.

Surya pertama kali bergabung dengan PT Siemens Indonesia pada tahun 1991, dengan posisi terakhir sebagai Kepala Divisi Tegangan Rendah dan Menengah hingga 2013. Surya merupakan lulusan jurusan Teknik Mesin dari Politeknik Swiss - Institut Teknologi Bandung pada tahun 1988 dan meraih gelar Sarjana Manajemen Keuangan dari Universitas Indonesia pada tahun 1994.

Sebelumnya pada bulan Desember 2023, PT Siemens Indonesia menunjuk Yudy Liz Sevina Mawuntu, sebagai Direktur dan Chief Financial Officer wanita Indonesia pertama di perusahaan tersebut. Sebelumnya, beliau menjabat sebagai Kepala Keuangan Area Bisnis Asia Pasifik di Siemens Energy Asia Pacific. Dengan pengalaman lebih dari 15 tahun, Yudy memiliki pengalaman internasional yang luas dan telah menduduki berbagai posisi penting di Indonesia, Malaysia, dan Jerman. Karirnya dimulai pada tahun 2005 di PT Siemens Indonesia setelah lulus dari Universitas Padjajaran jurusan Ekonomi.

Dengan kepemimpinan baru ini, PT Siemens Indonesia berkomitmen terus mendorong inovasi dan pertumbuhan, memperkuat posisinya sebagai pemimpin dalam transformasi digital di Indonesia. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved