Capital Market & Investment

Cita Mineral (CITA) Tetapkan Dividen Rp463 Miliar

Jajaran direksi CITA usai paparan publik RUPS. (dok CITA)

PT Cita Mineral Investindo Tbk (CITA) menyetujui pembagian dividen tunai senilai Rp463 miliar atau Rp117 per lembar saham. Aksi korporasi ini ditetapkan CITA pada Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) di Jakarta pada hari ini.

Emiten di bidang pertambangan bauksit dan produsen smelter grade alumina (SGA) optimistis kinerja di tahun ini meningkat lantaran memasok memasok Metallurgical Grade Bauxite (MGB) kepada perusahaan terafiliasi, yaitu PT Well Harvest Winning Alumina Refinery (WHW). Saat larangan ekspor bahan mentah, perseroan berhasil meraup kenaikan penjualan domestik. Tren ini diperkirakan perseroan berlanjut pada tahun ini.

CITA mencatatkan penjualan bersih pada 2023 senilai Rp3,29 triliun dan laba tahun berjalan sebesar Rp718,60 miliar dengan marjin laba bersih adalah 21,82%. Margin laba bersih tahun 2023 meningkat dibandingkan tahun sebelumnya yang tercatat sebesar 16,69%. Hasil ini dicapai berkat strategi efisiensi dan optimalisasi kinerja yang diterapkan oleh perseroan.

Penjualan perseroan ke pasar domestik selama tahun 2023 juga lebih tinggi dari tahun sebelumnya, meningkat menjadi 4,67 juta DMT dari total penjualan di tahun lalu sebesar 5,29 juta DMT. “Kami cukup yakin akan mempertahankan kinerja untuk tahun-tahun ke depan. Berdasarkan kondisi saat ini, perseroan dapat mendukung bahan baku untuk entitas asosiasi di pasar domestik berkat strategi hilirasi Perseroan yang telah kami lakukan selama ini,” kata Direktur CITA, Yusak Lumba Pardede pada paparan publik virtual di Jakarta, Jumat (28/6/2024). Harga saham CITA pada sejak awal tahun hingga Jumat pekan ini (year to date) naik sebesar 15,15% atau menjadi Rp2.280. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved