Business Research

Potret Brand Footprint Indonesia 2024: Brand Makanan Mendominasi

Brand Footprint Kantar 2024 (Foto: Audrey Aulivia Wiranto/SWA)

Kantar Indonesia, Divisi Worldpanel, baru saja merilis laporan terbaru mereka, Brand Footprint Indonesia 2024. Brand Footprint adalah studi tahunan yang dilakukan oleh Kantar untuk mengukur merek yang paling dipilih oleh konsumen.

Laporan ini mencakup lebih dari 550 merek dari sektor Makanan, Minuman, Produk Susu, Perawatan Rumah, dan Perawatan Tubuh. Studi ini mencakup 97% rumah tangga di berbagai kota besar dan kecil di seluruh wilayah urban dan rural Indonesia, dari keseluruhan populasi rumah tangga sebanyak 70 juta.

Managing Director of Kantar Indonesia, Worldpanel Division, Venu Madhav mengungkapkan, kondisi ekonomi makro di Indonesia di awal tahun 2024 menunjukkan resiliensi dengan pertumbuhan PDB yang positif, sekitar 5%. Per kuartal 1 kemarin, perbelanjaan rumah tangga masyarakat Indonesia tumbuh 9% dibanding tahun lalu, hampir dua kali lipat dari pertumbuhan PDB.

"Besarnya perbelanjaan ini masih dipengaruhi oleh kenaikan harga dan juga masyarakat yang lebih percaya diri untuk berbelanja lebih banyak setelah arus inflasi di tahun-tahun sebelumnya." tambahnya

Dia menyebut, kebiasaan berbelanja yang baru ini mempengaruhi konsumen dalam hal memilih brand yang dibeli. "Kondisi ini tentunya memberikan tantangan tersendiri bagi pelaku industri FMCG untuk dapat tetap dipilih konsumen," ujarnya dalam jumpa pers, Jumat (28/06/2024).

Fakta Menarik

Selanjutnya, ada beberapa fakta menarik dari studi Brand Footprint tahun ini:

Produk FMCG masih menjadi prioritas dalam perbelanjaan masyarakat Indonesia dari semua kalangan ekonomi dan demografi. Hal ini merupakan peluang bagi para pelaku industri FMCG untuk menjadi bagian dari prioritas masyarakat ketika berbelanja.

Kesamaan dari kesepuluh brand yang menempati peringkat teratas di studi Brand Footprint adalah merek tersebut setidaknya dibeli oleh 60% masyarakat Indonesia atau setara dengan 42 juta rumah tangga. Selain dibeli oleh 60% masyarakat, kesamaan lainnya adalah 10 merek teratas dibeli sebanyak 14 kali atau lebih dalam satu tahun.

Sementara itu, Corina Fajriyani, Senior Marketing Manager of Kantar Indonesia, Worldpanel Division menjelaskan lebih lanjut bahwa dalam studi tahunan Brand Footprint, Kantar menggunakan metode yang disebut Consumer Reach Point (CRP) untuk mengukur sejauh mana suatu merek dapat menjangkau konsumen.

"CRP adalah matriks yang menggabungkan tingkat penetrasi, yaitu jumlah rumah tangga yang membeli merek tersebut, dengan frekuensi pembelian oleh konsumen. Dengan kata lain, nilai CRP memberikan gambaran tentang seberapa kuat hubungan antara merek tersebut dengan konsumennya," di menjelaskan.

Dinamika di 10 Peringkat Teratas

Di edisi tahun ini, Indomie tetap mempertahankan posisi teratas sebagai the Most Chosen FMCG Brand di Indonesia. Posisi berikutnya di peringkat 2 hingga 8 juga diduduki brand yang sama seperti tahun sebelumnya, yaitu: Soklin, Mie Sedaap, Royco, Roma, Kapal Api, Indofood, dan Nabati. Daia mendobrak klasemen di peringkat 10 teratas tahun ini dengan nilai CRP lebih dari 800 juta, yang berarti Daia dipilih oleh konsumen sebanyak 800 juta kali sepanjang tahun 2023.

Menariknya, 7 dari 10 peringkat teratas merupakan brand makanan. Satu-satunya produk minuman di kalangan 10 peringkat teratas adalah produk kopi, di mana sebanyak 65% rumah tangga Indonesia mengonsumsi kopi setidaknya 20 kali dalam setahun. Hal ini menunjukkan bahwa rumah tangga di Indonesia lebih memilih kopi dibandingkan produk minuman lainnya seperti teh atau sirup.

Sebagai kesimpulan, Venu menutup, “Studi Brand Footprint ini memberikan wawasan komprehensif tentang industri FMCG yang terus menunjukkan ketahanan dan kemampuan beradaptasi di tengah kenaikan harga secara umum. Beberapa merek berhasil tumbuh dan memperluas basis pembelinya dengan cepat merespons kebutuhan dan preferensi konsumen. Ini menunjukkan bahwa pertumbuhan merek dapat dicapai dengan cepat tanggap terhadap perubahan perilaku konsumen. Oleh karena itu, saya dan seluruh tim Kantar Indonesia mengucapkan selamat kepada semua pemenang Brand Footprint Award 2024.”


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved