Trends

Fintech Dipacu Mempraktikkan ESG

Diskusi panel Play It Forwards. (dok KoinWorks)

KoinWorks dan Asosiasi Fintech Indonesia (Aftech) merilis Impact Report 2023 Leveling Up the MSME Ecosystem. Impact Report ini menjabarkan sektor seperti barang-barang konsumsi (FMCG), pertanian, dan kesehatan memiliki kecepatan, efisiensi, dan kelincahan dalam bisnisnya. Selain itu, laporan ini menyoroti tanggung jawab dan penerapan prinsip-prinsip ESG (enivromental, social & governance) ke bisnis ke tingkat yang lebih mendalam, termasuk dalam bisnis fintech.

Hanadia, perwakilan dari Aftech menyebutkan tren prinsip-prinsip keberlanjutan dalam praktik bisnis. Selain itu, Hanadia membagikan rencana asosiasi untuk meluncurkan penelitian mereka tentang tren ESG di sektor fintech Indonesia, yang semakin membuktikan bahwa impact dan ESG adalah prioritas utama dalam agenda Aftech. "Kami dan KoinWorks sepakat bahwa pemberdayaan UMKM, sebagai tulang punggung ekonomi Indonesia, perlu dilakukan tidak hanya dengan pembiayaan tetapi juga dengan dukungan dan dorongan agar mereka dapat mengadopsi praktik bisnis yang lebih berkelanjutan.” kata Hanadia di Jakarta, Jumat (28/6/2024).

Seiring berkembangnya industri, fintech berperan memfasilitasi pinjaman dan aktif mendukung ekosistem keuangan serta memastikan pertumbuhan UMKM disertai dengan akuntabilitas dan dedikasi terhadap dampak sosial yang positif.

Pada ESG Fintech Summit 2024 di London pada pertengahan Juni 2024 itu diluncurkan Program Sirius. Inisiatif ini digagas oleh 13 perusahaan fintech terkemuka di kawasan Asia-Pasifik, berfokus pada peningkatan keberlanjutan dan inklusi bagi UMKM, sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG's) Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Perihal ini, Angelique Timmer, Chief of Impact dan ESG di KoinWorks, mengatakan inisiatif ini bertujuan untuk memberikan dampak sosial yang lebih luas bagi UMKM, termasuk meningkatkan akses ke pembiayaan berkelanjutan, mendorong kolaborasi dan pertukaran pengetahuan dalam komunitas, menyediakan solusi digital untuk pertumbuhan, dan membantu UMKM menyederhanakan pelaporan keberlanjutan. "Konsep inilah yang mendorong KoinWorks untuk aktif membantu UMKM di tingkat ekosistem dalam menerapkan ESG untuk bisnis mereka. Kami menyadari bahwa UMKM lokal harus memiliki akses ke pembiayaan berkelanjutan dan peluang bisnis,” ujar Angelique. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved