CSR Corner

Allianz Indonesia Tebar Literasi Keuangan Kepada Bidan

Tangkapan layar : Allianz.

Allianz Indonesia dan Yayasan Allianz Peduli senantiasa menggulirkan berbagai kegiatan CSR, salah satunya adalah terkait Penurunan Angka Kematian Ibu (AKI), yang juga menjadi salah satu mandat realisasi agenda SDG's (Sustainable Development Goals) poin 3 tentang Kehidupan Sehat dan Sejahtera. Selain itu, Allianz Indonesia mengedukasi para bidan mengenai ilmu perencanaan keuangan yang bermanfaat untuk diterapkan oleh para bidan secara personal dan profesional, khususnya bagi bidan yang memiliki praktik mandiri.

Kedisiplinan untuk merencanakan dan mengelola keuangan. keterampilan mengelola utang produktif demi menambah pundi-pundi pemasukan dan pengembangan diri bidan secara umum. “Pemberdayaan secara berkelanjutan bagi para bidan diharapkan menjadi cikal bakal yang baik untuk mendukung ekosistem layanan kesehatan di Indonesia. Allianz Indonesia percaya apabila layanan kesehatan didukung oleh sumber daya manusia yang kompeten, maka dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat di masa mendatang. Tentunya ini menjadi wujud komitmen kami untuk melindungi kehidupan dan masa depan lebih banyak orang,“ tutur Ni Made Daryanti, Ketua Yayasan Allianz Peduli di Jakarta, Jumat (28/6/2024).

Bertepatan dengan momentum Hari Bidan Nasional di Juni 2024 serta mewujudkan CSR Pilar Pendidikan, Allianz Indonesia melalui Yayasan Allianz Peduli bekerja sama dengan Smile Birth, platform berbasis website yang menyediakan materi e-learning tentang kehamilan dan persalinan untuk praktisi kebidanan, maupun untuk ibu hamil.

Kementerian Kesehatan berupaya untuk menekan AKI yaitu 183 per 100.000 Kelahiran Hidup (KH) di tahun 2024. Data Badan Pusat Statistik (BPS) di 2023 menunjukkan peran bidan menjadi salah satu tulang punggung yang menopang jumlah tenaga kesehatan di Indonesia. Jumlah bidan tercatat di peringkat kedua terbanyak setelah jumlah perawat. Oleh karena itu, peran bidan perlu diapresiasi dan ditingkatkan dalam menunjang kualitas pelayanan kesehatan yang lebih mumpuni, termasuk kepada para ibu dan anak di seluruh wilayah Indonesia secara merata.

Sinergi ini mengambil peran untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan melalui edukasi kepada para bidan. Kerja sama ini juga memberikan beasiswa dan lisensi gratis kepada para bidan untuk membuka layanan koplementer kebidanan secara mandiri pada platform digital, sehingga bisa menjangkau masyarakat lebih luas serta berpotensi menambah pendapatan bagi para bidan. "Bidan memiliki peran penting sebagai garis terdepan dalam menopang pelayanan kesehatan di Indonesia. Sebagai perwujudan pilar kesehatan, Yayasan Allianz Peduli kembali melanjutkan kerja sama dengan Smile Birth Academy untuk memberikan edukasi dan pelatihan kepada rekan-rekan bidan, khususnya di era digital ini,“ungkap ucap Made.

Inisiatif ini merupakan kegiatan rutin yang berlangsung sejak tahun 2022 dan telah mengedukasi lebih dari 2.400 bidan. Jumlah terus meningkat ini dan didorong dengan fasilitas edukasi yang mapan berkaitan dengan bidang kesehatan, juga kemampuan yang semakin memadai akan penggunaan teknologi di tengah transformasi bidang kesehatan yang kian modern.

Workshop yang bertajuk Memulai Layanan Komplementer Kebidanan Berbasis Digital ini memberikan berbagai pelatihan yang mempersiapkan para bidan dari fase pra-persalinan, persalinan, dan pasca-persalinan, juga termasuk dengan kebutuhan ibu bersalin, peran & dukungan tim kelahiran/birth support, edukasi persiapan akan rencana persalinan, serta latihan khusus bagi para bidan untuk penanganan persalinan.

Para bidan dipasok informasi mengenai kebidanan holistik sebagai layanan yang menyeluruh dengan tidak hanya fokus pada aspek fisik, tetapi juga nonfisik seperti psikologis, mental, sosial, spiritual, dan kultural. Pendekatan tersebut diberikan agar para bidan memerhatikan kondisi ibu hamil tidak sebatas sosok individu yang melahirkan, tetapi sebagai manusia. Melalui pelatihan ini, ahli bidan memberikan penerapan Complementary Alternative Medicine (CAM) atau terapi komplementer. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved