Capital Market & Investment

Cita Mineral (CITA) Proyeksikan CAGR Bauksit dan Alumina Global Tumbuh 3-5%

Jajaran Direksi dan Komisaris CITA di Jakarta pada Jumat, 28 Juni 2024. (Foto : Cita Mineral).

PT Cita Mineral Investindo Tbk (CITA) permintaan konsumen terhadap bauksit dan alumina di pasar global itu diperkirakan tumbuh di masa mendatang. Tingkat pertumbuhan tahunan majemuk (compound annual growth rate/CAGR) bauksit sebesar 3,99% sampai tahun 2035 dan CAGR alumina sebesar 5,89% hingga tahun 2030.

Kendati prospektif, perseroan mewaspadai tekanan inflasi global cenderung masih cukup tinggi yang direspon dengan rezim suku bunga tinggi dalam waktu yang lebih lama. Masih dari sentimen global, manajemen CITA mencermati pertumbuhan ekonomi global mungkin melambat karena tensi geopolitik yang memanas di beberapa belahan dunia.

Cita Mineral optimisitis bisa meningkatkan kinerja di tahun ini. Emiten di bidang pertambangan bauksit dan produsen Smelter Grade Alumina (SGA) ini memproyeksikan kinerja yang stabil untuk tahun ini. “Kami cukup yakin akan mempertahankan kinerja untuk tahun-tahun ke depan. Berdasarkan kondisi saat ini, perusahaan dapat mendukung bahan baku untuk entitas asosiasi di pasar domestik berkat strategi hilirisasi yang telah kami lakukan selama ini,” kata Direktur CITA, Yusak Lumba Pardede pada paparan publik virtual di Jakarta, Jumat (28/6/2024).

Optimisme CITA didasarkan pada keberhasilan perseroan memasok Metallurgical Grade Bauxite (MGB) ke entitas asosiasinya, PT Well Harvest Winning Alumina Refinery (WHW). Meskipun dihadapkan pada larangan ekspor tahun 2023, CITA berhasil meraih peningkatan signifikan dalam penjualan domestiknya. Tren positif ini diperkirakan akan terus berlanjut di tahun ini.

Dari segi kinerja, sepanjang tahun lalu CITA mencatatkan penjualan bersih senilai Rp3,29 triliun dan laba tahun berjalan sebesar Rp718,60 miliar, dengan margin laba bersih mencapai 21,82%. Ini merupakan peningkatan yang signifikan dibandingkan dengan margin laba bersih tahun 2022 yang tercatat sebesar 16,69%. Keberhasilan ini dicapai berkat penerapan strategi efisiensi dan optimalisasi kinerja oleh perusahaan.Selain itu, penjualan lokal CITA selama tahun 2023 juga mengalami peningkatan, mencapai 4,67 juta DMT dari total penjualan perusahaan sebesar 5,29 juta DMT. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved