Marketing

Pop Mart Bakal Menggarap Pasar Ritel Indonesia

Pop Mart di Indonesia berharap akan dapat menciptakan pengalaman berbelanja yang lebih imersif serta dapat mengomunikasikan pesan dan budaya Pop Mart. (Foto: Istimewa)

Pop Mart, perusahaan hiburan berbasis karakter yang dikenal dengan produk kotak misteri blind box-nya, agresif memperluas jangkauan globalnya. Sebagai negara dengan ekonomi terbesar di Asia Tenggara, Indonesia menjadi destinasi Pop Mart. Perusahaan ini akan segera membuka gerai pertamanya di Indonesia, yakni d Gandaria City Mall, Jakarta.

Sejak tahun 2018, bisnis internasional Pop Mart telah stabil membangun sistem pendistribusian dan pengoperasian yang kuat pada skala global. Hal ini memberikan momentum yang sangat baik terhadap pertumbuhan bisnis. Laporan keuangan Pop Mart di 2023 mengindikasikan pendapatan Pop Mart di pasar Hong Kong, Makau, Taiwan, dan pasar luar negeri itu menjadi US$147 juta atau tumbuh sebesar 134,9% secara tahunan. Pada kuartal pertama tahun ini, pendapatan luar negeri melonjak 245-250% secara tahunan.

Dengan populasi yang besar serta proporsi kaum muda yang cukup tinggi, pasar Asia Tenggara, khususnya Indonesia, Pop Mart percaya diri mengarungi bisnis di kawasan ini. Hal ini juga didukung oleh potensi antusiasme permintaan konsumen terhadap produk designer toy dan kotak misteri blind box.

Pada 2021, Pop Mart membuka gerai pertamanya di Singapura, tepatnya di Funan Mall. Hal ini, menjadi awal dari ekspansi offline Pop Mart di Kawasan Asia Tenggara. Pada Mei 2023, Pop Mart membuka gerai di Kuala Lumpur yang menandai ekspansi perusahaan ke pasar kedua terbesar di Asia Tenggara. Pada September tahun lalu , gerai pertama Pop Mart di Thailand dibuka di Central World. Ini merupakan pusat perbelanjaan terbesar di Bangkok. Hampir 2.000 orang mengantri pada pembukaan gerai tersebut.

Pada Mei 2024, Pop Mart membuka dua gerai pertamanya di Vietnam. Salah satunya adalah gerai dengan tema kastil pertama yang berlokasi di Sun World Ba Na Hills. Gerai ini diharapkan dapat menjadi destinasi hiburan para turis lokal.

Justin Moon, Presiden International Business di Pop Mart, mengatakan pasar ritel Indonesia dinilai memiliki potensi yang sangat besar. “Produk yang berkaitan dengan tren masa kini dan gaya hidup sedang banyak diminiati oleh anak muda di Indonesia. Selain itu, Indonesia juga memiliki populasi anak muda yang cukup besar dan kaum muda tersebut memiliki ketertarikan akan budaya pop dan tren masa kini yang sejalan denagn produk-produk yang ditawarkan oleh Pop Mart,” ujarnya pada pernyataan tertulis yang dilasir pada Sabtu (29/6/2024).

Justin menyatakan pembukaan gerai Pop Mart di Indonesia ini menciptakan pengalaman berbelanja yang lebih imersif serta dapat mengkomunikasikan pesan-pesan dan memperkenalkan budaya Pop Mart kepada masyarakat Indonesia secara lebih baik lagi.

Mainan blindbox Pop Mart telah menarik perhatian dan minat kaum muda di Indonesia, Fenomena blindbox berkembang di Indonesia melalui konten video yang dibuat oleh para kreator konten. Baru-baru ini, Lisa (Blackpink) menghebohkan media sosial ketika dia mengunggah gambar dirinya dengan seri The Monster Macarons sehinga memicu permintaan yang sangat tinggi untuk produk ini. Hal ini merupakan bukti akan daya tarik dari mainan seni di kalangan pemuda Indonesia.

Fokus Pop Mart terletak pada inkubasi, hak kekayaan intelektual atau intellectual property (IP), designer toy, ritel, taman hiburan, pengalaman imersif dan hiburan digital. Hingga kini, Pop Mart mengelola gerai sekitar 500 unit di 30 negara dan lebih dari 2.300 Roboshop dan e-commerce.

Pop Mart melibatkan seniman dari seluruh dunia dan memiliki karakter IP ikonik, seperti Molly, Dimoo, The Monsters, Skullpanda, Hirono dan lainnya. Pop Mart juga mencetuskan kolaborasi ikonik antara merek-merek ternama dunia dengan IP nya. Misi Pop Mart adalah untuk menyalakan semangat dan membawa kebahagiaan ke seluruh dunia.(*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved