Trends

CEO Pertamina Geothermal Energy Raih Penghargaan Social Responsibility Person of the Year ISRA 2024

Di bawah langit Solo, satu nama bersinar terang dalam ajang Indonesia Social Responsibility Award (ISRA) 2024. Julfi Hadi, Direktur Utama PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE), berdiri dengan bangga menerima penghargaan "Social Responsibility Person of the Year". Ini bukan sekadar trofi, melainkan lambang pengakuan atas komitmen kuat dan usaha tiada henti dalam menjaga harmoni antara teknologi dan lingkungan.

Seperti aliran panas bumi yang tenang namun mengandung kekuatan dahsyat, perjalanan Julfi Hadi dan PGE penuh dedikasi dalam mengurangi emisi karbon. Di bawah kepemimpinannya, PGE berhasil mengintegrasikan Clean Development Mechanism (CDM) dalam operasional perusahaan. Puncaknya, proyek Lahendong Unit 5 dan 6 memperoleh Sertifikat Pengurangan Emisi Gas Rumah Kaca (SPE-GRK) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melalui Sistem Registri Nasional Pengendalian Perubahan Iklim (SRN-PPI).

Tak hanya berhenti di situ, PGE Area Kamojang, Ulubelu, dan Lahendong meraih penghargaan Silver dalam kategori Economic Empowerment. Di balik nama-nama yang penuh harapan seperti Neng Elie, Eloc Berseri, dan Mapalus Tumompaso, tersembunyi program-program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) yang memberi dampak nyata bagi masyarakat. Dengan social return on investment (SROI) yang mengesankan, masing-masing sebesar 307%, 342%, dan 181%, PGE membuktikan bahwa investasi sosial membawa manfaat berlipat ganda.

“Saya bangga atas pencapaian ini yang diraih berkat kerja keras seluruh keluarga PGE dalam memajukan berbagai dan inisiatif program pemberdayaan masyarakat dan lingkungan. Dengan penghargaan ini, PGE semakin mempertahankan posisinya sebagai perusahaan energi hijau kelas dunia, dan kelak akan menjadi world center of geothermal excellence,” ujar Julfi.

Ajang ISRA, dengan tema “Confronting Climate Change: Survive to Revive”, menjadi lebih dari sekadar penghargaan. Ia adalah ajang diseminasi pengetahuan dan apresiasi bagi para pelaku bisnis yang berkomitmen meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program TJSL. Dalam suasana penuh semangat, berbagai perusahaan menerima penghargaan atas inisiatif mereka dalam mengurangi dampak perubahan iklim di berbagai sektor.

PGE, melalui pemaparan Julfi, menggarisbawahi pentingnya geotermal sebagai sumber energi yang ramah lingkungan. Keberhasilan mereka tak hanya mengurangi limbah hingga 16,3 ton dan emisi hingga 4.654,7 ton CO2e per tahun, tetapi juga menanam lebih dari 68 ribu pohon dan melakukan konservasi terhadap 368 elang serta 29 monyet Yaki. Program-program TJSL PGE telah memberikan manfaat kepada 24.543 orang, termasuk kelompok rentan seperti ibu hamil, anak dengan disabilitas, pemuda pengangguran, lansia, kelompok prasejahtera, petani kopi, dan penjahit perempuan.

"Komitmen baik kami ini telah mendapatkan pengakuan secara nasional dan internasional. Dengan pencapaian baik PGE di ajang ISRA 2024 ini, kami semakin optimistis bahwa geotermal tidak hanya menjadi energi potensial dengan ketersediaan yang melimpah, tetapi juga membawa kesejahteraan bagi masyarakat dan lingkungan," tambah Julfi .

Seiring dengan gemuruh prestasi, PGE terus mengukir sejarah. Sebagai bagian dari Subholding Power & New Renewable Energy (PNRE) PT Pertamina (Persero), PGE mengelola 15 Wilayah Kerja Panas Bumi dengan kapasitas terpasang sebesar 1.877,5 MW, di mana 672,5 MW dioperasikan langsung oleh PGE dan 1.205 MW dikelola melalui skema Kontrak Operasi Bersama. Kapasitas terpasang panas bumi PGE berkontribusi sekitar 80% dari total kapasitas terpasang panas bumi di Indonesia, dengan potensi pengurangan emisi CO2 sebesar sekitar 9,7 juta ton CO2 per tahun.

Sebagai perusahaan energi hijau kelas dunia, PGE berkomitmen memaksimalkan pengelolaan potensi panas bumi beserta produk turunannya. Mereka juga aktif berpartisipasi dalam agenda dekarbonasi nasional dan global untuk menunjang Indonesia net zero emission 2060. Sejak 2011 hingga 2023, PGE telah menerima 16 penghargaan PROPER Emas dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, menunjukkan kepatuhan mereka terhadap standar lingkungan tertinggi.

Julfi dan tim PGE tak hanya menyulam harapan melalui energi geotermal, tetapi juga menanam benih masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan. Dalam setiap tetesan keringat dan langkah kaki, mereka menunjukkan bahwa bisnis dan keberlanjutan bisa berjalan seiring, membawa perubahan positif bagi bumi dan penghuninya. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved