Trends

Dukungan Jamkrindo Tingkatkan Usaha Blangkon di Yogyakarta

PT Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) terus menunjukkan komitmennya dalam mendukung Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Salah satunya kepada kelompok pengrajin blangkon di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Di Yogyakarta, Jamkrindo membina 12 pengrajin blangkon di Kampung Pilahan, Kelurahan Rejowinangun, Kotagede. Mereka memberikan program pendanaan usaha mikro dan kecil (PUMK). Tetapi, ”Selain blangkon, di Yogyakarta kami juga telah membina banyak pengrajin lainnya seperti pengrajin perak," ungkap Sekretaris Perusahaan Jamkrindo, Aribowo.

Mengapa para pengrajin ini yang dipilih?

Aribowo mengungkapkan bahwa keragaman budaya Indonesia telah melahirkan banyak pengrajin. Tak terkecuali di Jogyakarta. Di daerah ini, industri kerajinan menjelma jadi salah salah subsektor industri kreatif yang berperan penting mendongkrak pertumbuhan ekonomi nasional. Alhasil, dia menegaskan, dukungan kepada para pelaku UMKM, sejatinya bermakna ganda: meningkatkan daya saing bisnis UMKM yang bersangkutan, sekaligus turut menopang ekonomi nasional.

Namun, dia menambahkan, yang menarik, dukungan yang diberikan oleh Jamkrindo itu pada gilirannya tidak hanya berdimensi ganda seperti disinggung di atas, elainkan juga merupakan bentuk kepedulian perusahaan terhadap pelestarian warisan budaya bangsa yang begitu kaya. Maklum, para pengrajin ini berada di daerah yang kaya akan budaya leluhur bangsa.

“Industri kreatif bukan hanya menjadi salah satu sektor ekonomi yang potensial, melainkan menjadi wadah untuk menggali dan mempertahankan kearifan lokal serta warisan budaya yang menjadi bagian tak terpisahkan dari identitas kita sebagai bangsa,” ujar Aribowo. "Semoga pendampingan dan permodalan yang telah kami berikan dapat membantu dalam pengembangan usaha,” dia menambahkan.

Salah seorang yang telah merasakan manfaat langsung dari dukungan Jamkrindo adalah Subranto, pemilik usaha Blangkon Jaya. Menurutnya, Blangkon Jaya bukan hanya sekadar usaha bisnis, tetapi juga komitmen untuk menjaga dan melestarikan budaya. Berbagai jenis produk dijualnya, dari mulai blangkon bergaya Yogya, Solo, Sunda, hingga Jawa Timur.

Sejak bergabung menjadi mitra binaan Jamkrindo, Subranto bersyukur atas akses permodalan yang diberikan oleh Jamkrindo, yang telah membantu usahanya bangkit kembali pasca pandemi COVID-19.

Pada akhirnya, dukungan dari Jamkrindo ini tidak hanya membangun bisnis-bisnis lokal, tetapi juga menunjukkan bahwa pelestarian warisan budaya dapat menjadi pendorong utama bagi pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved