Trends

Kolaborasi Lazada dan Orderan Tepat Waktu untuk Logistik Ramah Lingkungan

Langit yang lebih biru. Kiranya itulah bagian dari tujuan yang ingin diraih seiring dengan upaya yang dilakukan oleh Lazada dan PT OTW Sinergi Niaga (Orderan Tepat Waktu - OTW) -- yang seluruhnya menggunakan armada sepeda motor berbasis listrik -- untuk menyongsong era baru logistik yang lebih ramah lingkungan. Dalam sebuah kolaborasi yang penuh semangat dan visi ke depan, kedua perusahaan ini memulai langkah besar dengan memperkenalkan armada sepeda motor listrik, bagian dari inisiatif keberlanjutan #BlueVehicle.

Di tengah tantangan besar yang dihadapi oleh pemerintah Indonesia dalam mengatasi polusi udara, langkah ini menjadi angin segar. Sejak inisiasi Program Langit Biru pada tahun 1996, berbagai upaya telah dilakukan untuk mengendalikan pencemaran udara, baik dari sektor industri maupun kendaraan bermotor. Lazada, sebagai platform e-commerce, kini bergabung dalam perjuangan ini melalui kolaborasinya dengan OTW.

Dalam bayangan armada #BlueVehicle, mimpi Lazada untuk menciptakan ekosistem e-commerce yang berkelanjutan semakin nyata. "Lazada memang sejak lama berkeinginan membangun ekosistem e-commerce yang berkelanjutan dan ramah lingkungan. Karena itulah kami terus mengembangkan armada #BlueVehicle, armada pengiriman paket yang berbasis listrik dan lebih ramah lingkungan sebagai salah satu upaya pengurangan jejak karbon dalam pengiriman paket kepada pelanggan Lazada, termasuk melalui kolaborasi dengan OTW,” ujar Stefan Winata, Chief Business Officer Lazada Indonesia.

Armada #BlueVehicle dikembangkan Lazada untuk pengiriman paket yang lebih ramah lingkungan. Kolaborasi Lazada dengan OTW dengan #BlueVehicle berfokus pada konsumen yang tinggal di area Tangerang, Banten hingga ke Bogor dan Bekasi, Jawa Barat.

Sejalan dengan Lazada, OTW memiliki perhatian besar terhadap upaya keberlanjutan dan juga berupaya menjalankan operasional yang lebih ramah lingkungan. “Kami menyadari bahwa operasional logistik lekat dengan berbagai isu lingkungan, namun hal ini tidak menjadi penghalang bagi kami untuk tetap melayani konsumen dengan baik sembari berupaya mengurangi emisi gas karbon. OTW memang didirikan di tahun 2023 dengan visi mengurangi emisi karbon dalam pengiriman paket melalui penggunaan kendaraan listrik. Kerja sama dengan Lazada menjadi salah satu bentuk perwujudan kami mencapai visi ini,” kata Chief Executive Officer OTW, Gary Prawira.

Tidak hanya berhenti di situ, kolaborasi ini juga menyasar peningkatan kesejahteraan mitra kurir. Gary menjelaskan bahwa penggunaan kendaraan listrik tidak hanya menekan dampak lingkungan pada operasional logistik, tetapi juga mendorong efisiensi yang memberikan keuntungan pada mitra kurir.

“Penggunaan kendaraan listrik tidak hanya menekan dampak lingkungan pada operasional logistik, tetapi juga mendorong efisiensi yang memberikan keuntungan pada mitra kurir. Sejak penggunaan kendaraan berbasis listrik, kurir kami dapat menghemat waktu dan energi karena pengisian daya kendaraan dapat dilakukan dengan mudah di mana saja selama perangkat dan daya listrik mendukung. Selain itu, pemakaian kendaraan listrik dapat mengeliminasi biaya bensin yang berujung pada pendapatan mitra kurir yang lebih menguntungkan,” tambah Gary.

Keuntungan lainnya, dengan biaya pengisian daya hingga penuh sebesar kurang dari Rp5 ribu, kendaraan listrik mitra kurir bisa menempuh jarak hingga 100 kilometer. Ini jauh lebih hemat dibandingkan penggunaan bahan bakar bensin. Setiap fasilitas logistik OTW yang melayani pengiriman paket ke konsumen Lazada pun dilengkapi dengan fasilitas pengisian daya, menjadikan kurir bisa mengisi daya kendaraan sembari melakukan pemuatan paket.

Melalui kerja sama ini, Lazada dan OTW tidak hanya memperluas akses belanja online ke berbagai wilayah, termasuk area-area terpencil di Bogor dan sekitarnya, tetapi juga membangun hubungan erat dengan konsumen yang mengapresiasi langkah ramah lingkungan ini.

Setiap harinya, mitra kurir dengan armada kendaraan berbasis listrik dari OTW mengantarkan paket konsumen Lazada di area Bogor dan sekitarnya. Jumlah paket yang diantar pun bisa meningkat berkali lipat saat festival belanja online di Lazada dan tetap terkirim dengan baik ke konsumen. “Meski terkadang ada kendala area yang sulit dijangkau ataupun jadwal pengiriman yang harus disesuaikan dengan waktu konsumen khususnya yang memilih metode ‘pembayaran saat pengiriman’ (Cash-on-Delivery - COD), kurir kami tetap berdedikasi memberikan layanan terbaik untuk konsumen,” tambah Gary lagi.

“Dengan dukungan infrastruktur dan teknologi canggih di Lazada, serta keahlian dan pengetahuan lokal dari para mitra strategis seperti OTW, kami berharap bisa terus memperluas kemitraan Lazada dengan banyak mitra lokal Indonesia demi memperluas akses masyarakat ke ekosistem ekonomi digital yang lebih inklusif dan berkelanjutan,” timpal Stefan.

Dengan sinergi ini, Lazada dan OTW ingin membuktikan bahwa bisnis dan keberlanjutan lingkungan bisa berjalan beriringan, menyongsong masa depan yang lebih hijau dan sejahtera. Setiap paket yang dikirim bukan hanya membawa barang, tetapi juga harapan untuk langit yang lebih cerah dan kehidupan yang lebih baik bagi kita semua. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved