CSR Corner

Elnusa Petrofin Songsong HUT Ke-28, Rutin Mempraktikkan ESG dan SDG’s

Elnusa Petrofin mengadakan Khitanan Massal di Banjarmasin, Kalimantan Selatan pada Sabtu, 29 Juni 2024.(Foto : Elnusa).

PT Elnusa Petrofin (EPN) mengimplementasikan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDG’s) seiring digelarnya kegiatan sosial bertajuk Khitanan Massal di Banjarmasin, Kalimantan Selatan pada 29 Juni 2024. Kegiatan CSR ini merupakan rangkaian kegiatan untuk menyongsong hari ulang tahun perusahaan ke-28. Kali ini, EPN melaksanakan kegiatan ini di salah satu unit operasinya, Integrated Terminal Banjarmasin

Sebagai salah satu program flagship CSR, EPN telah melaksanakan Khitanan Massal sejak tahun 2017 secara rutin. Pada kegiatan itu, EPN bekerja sama dengan Klinik Asy-Syaafi Banjarmasin. Kegiatan tersebut langsung dihadiri oleh jajaran manajemen EPN yang diwakili oleh Senior Manager Human Capital EPN, Dian Indra Bintoro, dan Manager Corporate Communication & Relation, Putiarsa Bagus Wibowo serta para pemangku kepentingan perusahaan, yakni Sekretaris Camat Banjarmasin Barat, Haryanta S. E, Lurah Kuin Cerucuk, Haris Fadilah, S.Sos. dan perwakilan pemerintah setempat

Antusiasme warga terhadap Khitanan Massal kali ini cukup dirasakan dengan pendaftar acara ini yang mencapai hingga ratusan orang. Tak hanya berasal dari warga Kuin Cerucuk, peserta Khitanan Massal ini diikuti oleh anak-anak dengan jenjang usia 4 hingga 12 tahun juga sebagian merupakan anak dari keluarga Awak Mobil Tangki (AMT) Elnusa Petrofin. "Program ini diharapkan dapat hadir sebagai salah satu bentuk apresiasi kami terhadap para pekerja dan masyarakat yang terus mendukung kegiatan bisnis kami. Kami sadar bahwa Elnusa Petrofin tentu tidak dapat bertahan hingga kini tanpa dukungan dari seluruh pekerja dan masyarakat setempat," ujar Bintoro pada siaran pers yang ditulis pada Minggu (30/6/2024).

Dia menjelaskan menciptakan anak-anak di Ring 1 perusahaan sebagai generasi yang Bersih, Sehat, dan Hebat menjadi salah satu tujuan kami mengadakan acara ini. Selain itu, program ini mendukung penerapan Environmental, Social, and Governance (ESG) yang bertautan pada aspek Social, yang melibatkan anak-anak dari AMT sebagai peserta khitanan. “Program ini diharapkan dapat mengapresiasi pekerja untuk peningkatan produktifitas kerja, loyalitas pekerja serta memberikan kenyamanan yang berdampak pada keluarga di lingkungan Elnusa Petrofin” jelasnya.

Anak usaha dari PT Elnusa Tbk (ELSA) ini mengajak partisipasi para warga, khususnya anak-anak dan orang tua peserta untuk lebih sadar akan lingkungan melalui program tukar botol kemasan sekali pakai dengan ice cream dan mengedukasi pengolahan sampah yang tepat. "Hal tersebut tentu tidak akan tercapai tanpa upaya nyata untuk menjaga lingkungan agar tetap asri, oleh karena itu kami menghadirkan program ini dalam mendukung penerapan Aspek ESG lainnya yakni Enviromental dalam kegiatan perusahaan." jelas Putiarsa.

Kegiatan ini, lanjut Putiarsa, merupakan komitmen perusahaan untuk berperan dalam pencapaian SDGs lantaran Khitanan Massal dan edukasi anak-anak pada kegiatan ini adalah salah satu wujud perusahaan untuk berkontribusi pada SDGs poin 3 dan 12 yakni Kehidupan Sehat dan Sejahtera dan Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab.

Haryanta, Sekretaris Camat Banjarmasin Barat, mengapresiasi Elnusa Petrofin yang menyelenggarakan kegiatan ini. "Semoga edukasi terkait lingkungan yang diberikan dapat melekat kepada anak-anak dan dapat menuntun mereka untuk terus peduli dan menjaga lingkungan" tutur Haryanta. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved