Marketing

Mengapa Iklan Blu by BCA Digital Meraih Gold Tiktok Awards 2024? Ini Jawabannya!

Kampanye ikaln Blu by BCA Digital yang diproduksi oleh Alva. (Dok. Alva)

Kampanye iklan Blu by BCA Digital bertajuk #SiapJadiPegangan meraih dua Gold di ajang Tiktok Awards 2024. Iklan ini diproduksi yang diproduksi oleh Alva, power house (PH) digital, yang menggunakan tiga pendekatan sehingga berhasil menjangkau audiens yang ditargetkan. “Alva dan BCA Digital memiliki misi untuk meng-upgrade literasi dan pola finansial masyarakat dalam memenuhi kebutuhan transaksi finansial mereka agar lebih seamless dan pintar," kata Reza, Co-Founder dan CEO Alva, pada keterangannya yang dikutip Senin (1/7/2024).

Pertama, video singkat dan kontekstual jadi senjata ampuh.

Kampanye ini bertujuan untuk memperdalam pemahaman mengenai berbagai macam fitur Blu by BCA Digital serta cara penggunaannya yang tepat. PH mengkurasi video singkat yang kontekstual untuk menunjukkan fitur kliennya itu memenuhi kebutuhan spesifik dari berbagai target audiens, sekaligus menjadi solusi yang relevan terhadap tantangan yang dihadapi.

PH memanfaatkan platform Google Network, Meta, dan TikTok untuk menyasar audiens dari berbagai kalangan. Adapun konten yang dibuat merupakan video-video informatif yang menunjukkan berbagai fitur unggulan kliennya, seperti mudah digunakan, dilengkapi dengan sistem keamanan optimal, hingga menyajikan pengalaman yang menyegarkan dan inovasi dalam bertransaksi finansial. Hasilnya, kampanye ini berhasil meningkatkan kesadaran dan pengetahuan konsumen tentang Blu, sehingga menjadikannya salah satu solusi perbankan digital yang mendapatkan tingkat kepercayaan yang tinggi dari nasabah,

Kedua, bangkitkan semangat audiens dengan konteks inspiratif dan menghibur.

Kampanye selanjutnya bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan minat audiens terhadap BluDebit Card dengan cara yang menghibur sekaligus mendidik. PH membuat antologi film dari berbagai film terkenal untuk menunjukkan situasi pembayaran yang tak terduga. Melalui antologi film ini, PH bergerak untuk mengedukasi USP produk dengan memberikan hiburan dan juga terdapat edukasi kontekstual didalamnya.

Alva mengoptimalkan semua saluran sosial seperti TikTok, Instagram, X, Facebook, dan YouTube. Setiap konten yang diunggah pada platform ini disesuaikan dengan karakteristik di setiap platform media sosial ini. Distribusi konten ditingkatkan melalui berbagai platform iklan seperti Meta app installs dan retargeting, Google UAC, UACe, serta TikTok ads.

Ketiga, memahami preferensi konsumen melalui pendekatan data-driven.

Untuk memastikan efektivitas dan relevansi, PH menggunakan metodologi pendekatan data-driven untuk kedua kampanye tersebut. Analisis dilakukan terhadap data dari pengguna Blu untuk memahami kebutuhan dan preferensinya. Hasil dari analisis ini digunakan untuk personalisasi konten yang relevan dan sesuai dengan kebutuhan audiens dan menggunakan metode storytelling yang kuat.

Berbekal data yang komprehensif, kampanye ini juga memanfaatkan platform digital yang paling banyak digunakan oleh target audiens, seperti TikTok, untuk menjangkau lebih banyak pengguna dengan cara yang menyenangkan dan mendidik. Pendekatan ini tidak hanya meningkatkan engagement, tetapi juga memperkuat loyalitas pengguna Blu.

"Fokus kami pada kebutuhan konsumen, kepekaan terhadap tren yang terus berkembang, dan pendekatan yang berbasis data merupakan landasan dari kesuksesan kampanye ini,” ujar Reza. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved