Marketing

Epson Perbanyak Jajaran Produk Bersertifikasi TKDN

Epson luncurkan jajaran produk bersertifikasi TKDN. (Foto: Jeihan Kahfi/SWA)

PT Epson Indonesia terus mendorong Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dalam portofolio produknya. Saat ini Epson Indonesia telah memiliki 56 produk bersertifikasi TKDN, dengan tambahan 15 produk lainnya yang sedang dalam proses sertifikasi. Epson juga telah meluncurkan rangkaian produk terbaru yang meliputi proyektor, document scanner, dan printer bisnis yang dirancang dan diproduksi oleh PT Indonesia Epson Industry yang berlokasi di Cikarang, Jawa Barat.

“Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian RI mengapresiasi dukungan nyata oleh Epson melalui investasi perluasan produksi proyektor yang sebelumnya diproduksi di luar negeri dan mulai Juli 2024 dipindahkan ke Indonesia,” ujar Priyadi Arie Nugroho, Direktur Industri Elektronik dan Telematika (IET), Kementerian Perindustrian.

Produk-produk baru ini memanfaatkan teknologi terkini yang memastikan kualitas tinggi dan efisiensi yang luar biasa, sekaligus memenuhi persyaratan TKDN yang ditetapkan pemerintah. Langkah ini tidak hanya memperkuat posisi Epson sebagai pemimpin dalam inovasi teknologi, tetapi juga sebagai mitra yang berkomitmen untuk mendukung perekonomian lokal.

Epson berharap lewat peluncuran produk-produk baru ini, perusahaan dapat memberikan kontribusi nyata terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia melalui perluasan produksi dan penggunaan komponen yang dibuat di dalam negeri. "Kami bangga dapat mendukung inisiatif pemerintah untuk memperkuat industri lokal melalui peluncuran produk-produk berkualitas tinggi yang dibuat di Indonesia," ujar Ng Ngee Khiang, Managing Director Epson Indonesia.

Peluncuran ini mencakup berbagai produk seperti proyektor terbaru dengan kualitas gambar cerah dan tajam, document scanner dengan kecepatan dan akurasi tinggi, serta printer bisnis yang mampu mencetak dengan kecepatan tinggi dengan sekaligus menghemat energi dan biaya. Semua produk ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan berbagai sektor industri, dari pendidikan hingga bisnis, serta membantu meningkatkan produktivitas dan efisiensi operasional.

Epson saat ini mendominasi pasar projector di Indonesia dengan market share 51,2% (Future Source) dengan mengumumkan peluncuran dua produk terbaru, EB-E600 dan EB-X600, yang merupakan pengembangan dari seri EB-E500 dan EB-X500 sebelumnya yang telah sukses di pasaran. Peluncuran ini dijadwalkan pada Juni 2024 dan akan mulai tersedia di pasar pada bulan Agustus 2024.

Kemudian Epson memperluas jajaran produk printer multifungsi berukuran A4 melalui peluncuran Am-C400 & Am-C550 berteknologi line inkjet sebagai solusi pencetakaan perkantoran yang ramah lingkungan.

Dengan meluncurkan dua produk baru, AM-C400 dan AM-C550, dirancang untuk memberikan solusi pencetakan perkantoran. Keduanya dirancang untuk dapat memenuhi persyaratan TKDN yang tinggi dalam rangka, mendukung inisiatif pemerintah Indonesia untuk meningkatkan penggunaan produk dalam negeri.

Kemudian Epson juga meluncurkan produk scanner terbaru yakni model ES-C380W, ES-C320W dan DS-C330 yang ditujukan untuk mendukung pengguna perkantoran dalam melakukan digitasi dokumen dan operasional yang efisien. Produk pemindai terbaru ini juga dirancang dan diproduksi oleh talenta lokal Indonesia, sebagai wujud terhadap keberlanjutan produk ini memanfaatkan bahan baku daur ulang hingga 34%.

Dengan langkah-langkah strategis ini, Epson Indonesia tidak hanya berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi nasional tetapi juga berkomitmen untuk mendorong penggunaan komponen lokal, mengoptimalkan kualitas produk, dan mendukung inisiatif pemerintah dalam membangun industri yang kuat dan mandiri. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved