Capital Market & Investment

Wilmar Cahaya (CEKA) Siapkan Dividen Rp595 Juta

Produk minyak goreng Wilmar Cahaya Indonesia Tbk. (Foto : Dok).

PT Wilmar Cahaya Indonesia Tbk (CEKA) memutuskan pembaikan dividen senilai Rp595 juta atau sekitar Rp100 per lembar saham. Pembagian dividen mengikuti jadwal dan tata cara sebagaimana yang diatur dalam peraturan pasar modal yang berlaku. “ Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Wilmar Cahaya Indonesia memutuskan pembagian dividen sejumlah Rp595 juta atau sejumlah Rp100 per saham. Selain itu, perseroan mengangkat kembali susunan pengurus yang sebelumnya untuk masa jabatan sampai dengan ditutupnya RUPST tahun 2027,” kata Tonny Muksim, Direktur CEKA pada risalah RUPST di Jakarta, Senin (1/7/2024).

Mengenai target bisnis tahun 2024, perseroan memiliki target bahwa industri pengolahan minyak nabati dan minyak spesialitas tumbuh positif secara signifikan, karena Perseroan sampai saat ini melihat tren perkembangan untuk bisnis agrobisnis yang semakin membaik. Meskipun diakui bahwa bisnis minyak nabati perseroan terdampak produk pemerintah. “Lokasi pabrik perseroan yang ada di Cikarang mengalami penurunan penjualan produk terutama dalam produk minyak goreng, karena terdapat produk minyak goreng subsidi dari pemerintah yaitu DMO (Domestic Market Obligation) dan masyarakat lebih tertarik untuk membeli minyak goreng subsidi dengan harga yang lebih murah, sehingga perseroan kurang bisa bersaing dalam harga,” ujar Tonny.

Untuk ekspansi, kondisi agrobisnis di tahun ini diperkirakan masih belum terlalu baik karena faktor cuaca yang dapat mengakibatkan gagal panen, maka perseroan sangat selektif dalam melakukan ekspansi. "Saat ini, kami berfokus pada untuk mempertahankan pasar, menumbuhkan penjualan, dan melakukan efisiensi agar di akhir tahun ini perseroan tetap dapat mencatatkan profit dan dividen tetap dapat dibagikan kepada para pemegang saham," tutur Tonny. Harga saham CEKA pada penutupan perdagangan hari ini naik sebesar 2,14%, menjadi Rp1.910 dari perdagangan sebelumnya. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved