Property

CIMB Niaga (BNGA) Optimistis Pembiayaan KPR Hijau Semakin Atraktif, Bidik Pertumbuhan 2%

Media Gathering CIMB Niaga bertema Tren Properti dan Green Mortgage 2024. (foto: Jeihan Kahfi/SWA)

PT Bank CIMB Niaga Tbk (BNGA) atau CIMB Niaga terus memacu produk pembiayaan hijau, salah satunya melalui Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Hijau atau green mortgage yang sejalan dengan kesadaran masyarakat terhadap gaya hidup berkelanjutan. Green mortgage merupakan fasilitas pembiayaan untuk pembelian properti dari pengembang (developer) yang telah memenuhi standar prinsip keberlanjutan atau sertifikasi bangunan hijau dari lembaga yang diakui, seperti Green Building Council Indonesia (GBCI). Standar itu diantaranya menggunakan bahan bangunan ramah lingkungan, memiliki pengelolaan air yang baik, dan efisiensi energi melalui pemanfaatan solar panel.

Head of Non Branch Channel CIMB Niaga, Heintje Mogi, menyampaikan CIMB Niaga telah menyalurkan KPR sebesar Rp43 triliun pada kuartal I/2024. Pembiayaan KPR hijau atau green mortgage pada periode ini berkontribusi senilai Rp287 miliar atau tumbuh 58,9% apabila dibandingkan kuartal pertama tahun lalu. “Sebagian besar nasabah yang mengambil KPR umumnya generasi milenial yang rata-rata di usia 26-35 tahun. Green mortgage meski sebagai inisiatif yang terbilang baru di industri properti memiliki potensi besar untuk terus berkembang. Apalagi dalam 5-10 tahun nasabah yang mengambil KPR dari generasi milenial dan gen Z akan punya kesadaran tinggi terhadap hunian yang berkelanjutan,” kata Heintje pada media gathering bertajuk Tren Properti dan Green Mortgage 2024 di Jakarta, Senin (1/7/2024).

Manajemen CIMB Niaga optimistis minat masyarakat terhadap KPR Hijau kian meningkat di masa mendatang. Karena itu, CIMB Niaga meningkatkan kerja sama dengan developer penyedia green house/building, sehingga nasabah memiliki lebih banyak pilihan hunian yang ramah lingkungan. Selain itu, CIMB Niaga juga akan menghadirkan berbagai program spesial, baik dari sisi pricing maupun benefit lain yang relevan dengan preferensi nasabah.

Pada kesempatan yang sama, Head of Secured Lending Business & Consumer Credit Underwriting CIMB Niaga, Djojo Boentoro, menyampaikan porsi KPR hijau masih di bawah 1% dari total KPR yang disalurkan CIMB Niaga. “Kami berharap pertumbuhan green mortgage bisa dobel lebih dari 1% porsi portofolio terhadap total KPR. Hal ini tergantung ketersediaan rumah dari developer yang punya sertifikat green mortgage,” ujar Boentoro.

Green mortgage dinilai memiliki banyak keuntungan kepada nasabah. Selain menghemat energi, rumah yang ramah lingkungan dapat meningkatkan kualitas hidup penghuninya karena dibuat dari bahan-bahan bangunan yang lebih sehat dan aman serta memiliki sirkulasi udara yang lebih baik.

Tak kalah penting, memiliki rumah yang ramah lingkungan juga memberikan kepuasan tersendiri karena telah turut berkontribusi positif terhadap inisiatif keberlanjutan lingkungan, mengurangi jejak karbon, dan mendukung pembangunan yang lebih hijau.

Associate Director of Planning & Design Ciputra Residence, Taufiq Hidayat, mengatakan pihaknya terus meningkatkan pembangunan hunian yang bersertifikasi hijau. “Saat ini mungkin belum sampai 50% yang bersertifikasi hijau, tapi kami akan terus kami tingkatkan,” kata Taufiq. Harga saham BNGA per 1 Juli 2024 (year to date) seharga Rp1.760 atau tumbuh sebesar(*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved