Technology

Tangkal Polusi Udara, Xiaomi Luncurkan Smart Air Purifier

(ki-ka) Dokter Spesialis Paru Jaka Pradipta, content creator Acha Sinaga, dan Product Marketing Manager Xiaomi Indonesia Rendy Tonggo. (dok. Xiaomi)

Indeks kualitas udara (AQI) di Jakarta hari ini mencapai level 164 atau dikategorikan tidak sehat dan kadar polusi konsentrasi partikel halus PM2.5 mencapai 74.2µg/m3 atau 14 kali lebih buruk dari kualitas ideal. Kondisi ini menjadikan Jakarta sebagai kota berpolusi paling tinggi kedua setelah Kinshasa, Kongo.

Kondisi udara yang memburuk belakangan menimbulkan kekhawatiran masyarakat akan dampaknya bagi kesehatan diri maupun keluarga mereka. Bahkan menurut penelitian European Ventilation Industry Association, polusi udara bisa mencapai 5 kali lebih banyak saat berasa di dalam ruangan dikarenakan kurangnya ventilasi untuk memastikan sirkulasi udara.

Sebagai upaya pencegahan dan mengurangi paparan polusi udara, air purifier menjadi salah satu pilihan. Selain dapat membantu menjaga kualitas udara, air purifier juga membawa berbagai manfaat untuk kesehatan seperti mencegah alergi, mengurangi risiko penularan penyakit, hingga menurunkan risiko terjadinya penyakit paru.

Dokter Spesialis Paru, dr. Jaka Pradipta, Sp.P, mengatakan polusi udara di sekitar sudah sangat mencemaskan sehingga membatasi ruang lingkup kita untuk beraktivitas di luar ruangan. Polusi bukan hanya berdampak buruk bagi saluran pernafasan orang dewasa namun juga rentan terjadi pada anak yang bisa berakibat pada tumbuh kembang mereka. "Oleh karena itu, penting untuk menjaga udara berkualitas baik terutama dalam lingkungan rumah,” ujar Jaka di Jakarta, Senin (1/7/2024).

Memahami kekhawatiran masyarakat, Xiaomi Indonesia memperkenalkan dua rangkaian air purifier terbaru yaitu Xiaomi Smart Air Purifier 4 dan Xiaomi Smart Air Purifier Elite.

“Melalui peluncuran lini air purifier ini, Xiaomi mempertegas komitmen dalam menyediakan solusi inovatif yang mendukung gaya hidup sehat penggunanya. Kedua purifikator udara ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan berbagai jenis ruangan, mulai dari kamar tidur hingga ruang tamu yang lebih besar, dengan teknologi canggih yang mampu menangani berbagai jenis polutan dan alergen,” ungkap Product Marketing Manager Xiaomi Indonesia, Rendy Tonggo.

Xiaomi Smart Air Purifier 4 hadir menjadi solusi dengan purifikasi udara yang sangat efektif dengan efisiensi filtrasi 99,97% untuk partikel halus (0,3 mikron) dan lebih dari 99% penghapusan alergen dalam satu jam. Sementara itu, Xiaomi Smart Air Purifier Elite mampu menangkap 99,98% partikel sekecil 0,3 mikron, mengurangi 99,9% virus Influenza A (H1N1) di udara, dan menghilangkan lebih dari 99% alergen dalam satu jam.

Xiaomi Smart Air Purifier 4 dibanderol dengan harga Rp 2.299.000 dan Xiaomi Smart Air Purifier Elite seharga Rp 4.499.000. Keduanya sudah tersedia di Xiaomi Official Store baik online maupun offline. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved