Property

Menyedot Investasi Rp10,6 triliun, Taspen dan Mitsubishi Estate Targetkan Pembangunan Oasis Central Sudirman Rampung di 2029

Proyek Oasis Central Sudirman yang dikembangkan Taspen Properti bersama dengan Mitsubishi Estate Co. Ltd., akan menjadi salah gedung tertinggi di Indonesia. (Foto: Darandono/SWA).

Kawasan Sudirman bakal menambah ikonik baru yaitu Oasis Central Sudirman. Rencananya proyek Oasis Central Sudirman Properti terletak di Jalan Jenderal Sudirman Kavling 2, Jakarta Pusat, di kawasan Transit Oriented Development (TOD) yang strategis. Proyek Oasis Central Sudirman akan memiliki dua gedung utama. Gedung pertama akan digunakan sebagai kantor, apartemen servis, hotel, dan fasilitas ritel gaya hidup. Gedung atau tower kedua untuk Strata Title Apartments.

Kedua gedung ini dibangun pada lahan seluas 3,3 hektare. Rencananya, pembanguna proyek ini rampung pada 2029. Hingga bulan Juni 2024, Proyek Oasis Central Sudirman telah menyelesaikan pekerjaan pondasi bangunan dan pembangunan Marketing Gallery yang telah selesai 100%. Proyek ini terdiri dari kompleks komersial dan residensial digadang-gadang akan menjadi salah satu gedung tertinggi yang memiliki 65 dan 75 lantai yang diperkirakan menyedot dana investasi Rp10,6 triliun.

Pembangunan World-Class Property Oasis Central Sudirman Project digagas PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Persero)/Taspen, melalui Taspen Properti selaku anak perusahaan perseroan, dan Mitsubishi Estate Co. Ltd., melanjutkan proyek kerja sama yang dimulai sejak Juni 2021. Kala itu, kemitraan kedua perusahaan ini disaksikan langsung oleh Menteri BUMN, Erick Thohir.

Peletakan Batu Pertama (groundbreaking) telah dilakukan pada Januari 2023. Kemudian, melakukan penandatanganan kerja sama dengan kontraktor utama terpilih, yakni konsorsium China State Contruction & Taisei Joint Operation (CSCT-JO) dalam pembangunan Proyek Oasis Central Sudirman.

Sebagai kontraktor utama, CSCT-JO akan melakukan pembangunan struktur, penyelesaian arsitektural, serta pengerjaan mechanical, electrical, dan plumbing (MEP). Taspen pada hari ini melakukan penandatanganan nota kerja sama Oasis Central Sudirman Project Main Contractor Signing. Penandatanganan nota kerja sama ini dihadiri oleh Direktur Operasional Taspen, Ariyandi, Direktur Utama Mitsubishi Estate Indonesia, Yasuaki Oda, dan Direktur Utama China State Construction Overseas Development Shanghai (CSCODS) Indonesia, Steven Li Jie, di Marketing Gallery Oasis Central Sudirman, Jakarta Pusat.

Direktur Perencanaan dan Aktuaria Taspen, Feb Sumandar, mengatakan salah satu tower itu direncanakan menjadi area komersial yang digunakan sebagai kantor, hotel dan kawasan lifestyle retail. Sumandar menambahkan kolaborasi ini merupakan pengembangan kawasan berstandar internasional, di mana salah satu gedung tertinggi di Indonesia akan berdiri. “Taspen berharap dapat memberikan manfaat yang signifikan dan memperkuat peran BUMN sebagai penggerak roda perekonomian Indonesia melalui peningkatan Foreign Direct Investment (FDI),” kata Sumandar di Jakarta, Senin (1/7/2024).

Penunjukan CSCT-JO didasarkan pada pengalaman dan kompetensinya dalam pembangunan gedung-gedung super tall sehingga diharapkan dapat melaksanakan pembangunan Proyek Oasis Central Sudirman secara efektif dan efisien sesuai rencana.

Sebelumnya, Taspen menggandeng salah satu pengembang properti terbesar di dunia, Mitsubishi Estate Co. Ltd. dalam pengembangan Proyek Oasis Central Sudirman di Jakarta. Mitsubishi Estate bertindak sebagai investor utama pada proyek ini. Pada Agustus mendatang, Proyek Oasis Central Sudirman akan meluncurkan brand dan kerja sama dengan operator berkelas internasional dalam pengelolaan salah satu elemen dalam gedung komersial. Pembangunan Proyek Oasis Central Sudirman sejalan dengan arahan Menteri BUMN Erick Thohir, bahwa pembangunan properti merupakan salah satu fondasi pertumbuhan ekonomi, terutama properti yang mendukung Green and Sustainable Building berkelas internasional.

Selain itu, Taspen berkolaborasi bersama mitra internasional untuk menyediakan properti yang berkelas global di Indonesia. Upaya ini diharapkan meningkatkan pertumbuhan ekonomi, menjaga stabilitas perekonomian, serta membuka lapangan pekerjaan yang berdampak terhadap kesejahteraan masyarakat. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved