Marketing

Penjualan 3 Jenama Lokal Ini Laris Manis di Tokopedia

Publik antusias dan meminanti kampanye Beli Lokal yang digencarkan Tokopedia dan ShopTokopedia sejak Harbolnas 12 Desember 2023. Produk makanan dan minuman, kecantikan dan perawatan tubuh, fashion dan kesehatan hingga rumah tangga adalah beberapa kategori yang paling laris di kampanye Beli Lokal di Tokopedia selama enam bulan belakangan.

Sedangkan di ShopTokopedia, yang bisa ditemukan dalam aplikasi TikTok, tercatat bahwa produk kecantikan, perawatan tubuh, makanan dan minuman, perabotan rumah tangga dan perlengkapan dapur, mengalami kenaikan penjualan tertinggi dengan rata-rata kenaikan lebih dari 3 kali lipat selama periode 12 Desember 2023-12 Juni 2024 dibandingkan periode 12 Desember 2022-12 Juni 2023.

“Kampanye Beli Lokal adalah upaya Tokopedia dan ShopTokopedia untuk mendorong produk brand lokal menjadi pilihan utama masyarakat dari seluruh Indonesia agar bisa terus berkontribusi pada perekonomian nasional. Saat ini, ada lebih dari 21 juta penjual tergabung di platform Tokopedia dan ShopTokopedia. Kami berharap kehadiran kampanye Beli Lokal bisa memberi jangkauan yang semakin luas bagi pada brand lokal melalui Tokopedia dan ShopTokopedia di aplikasi TikTok,” kata Kepala Komunikas Tokopedia and ShopTokopedia, Aditia Grasio Nelwan di Jakarta, Senin (1/7/2024).

Tokopedia mencatat beberapa produk mengalami kenaikan transaksi tertinggi pada kampanye Beli Lokal di Tokopedia. Misalnya, penjualan produk kecantikan dan perawatan tubuh seperti deodoran pada kampanye Beli Lokal melonjak hampir 2 kali jika dibandingkan dengan periode sebelum kampanye tersebut berlangsung. Sedangkan, penjualan facial cleanser atau pembersih wajah dan lip cream di Tokopedia naik lebih dari 1,5 kali lipat.

Selain itu, ShopTokopedia melihat beberapa kategori produk yang mengalami kenaikan penjualan yang tertinggi lewat kampanye Beli Lokal, antara lain, produk kecantikan, perawatan tubuh, makanan dan minuman, perabotan rumah tangga dan perlengkapan dapur, dengan rata-rata kenaikan lebih dari 3 kali lipat.

Produk-produk fesyen juga laris manis lewat kampanye Beli Lokal di ShopTokopedia. Hal ini terbukti dari beberapa produk yang terlaris sepanjang Beli Lokal berlangsung, misalnya tas selempang, t-shirt, blouse dan kemeja, sendal hingga gamis. Selain itu, pada kategori Makanan dan Minuman di ShopTokopedia, produk-produk yang paling diburu masyarakat lewat kampanye Beli Lokal, antara lain keripik, coklat dan snack coklat, kopi, kue dan hotpot instan.

Tokopedia bersama ShopTokopedia pun membagikan beberapa kisah brand lokal, termasuk Iswhite, Kylafood, dan Lemovita, yang telah merasakan manfaat dari kampanye Beli Lokal terhadap bisnis mereka.

Iswhite mulai memanfaatkan platform digital, Tokopedia dan ShopTokopedia sejak 2022.. Jenama ini aktif memanfaatkan berbagai fitur dan kampanye, seperti Beli Lokal dan Kejar Diskon untuk memperluas pasar. Sedangkan di ShopTokopedia, Iswhite aktif berjualan di live shopping 24 jam. Bahkan, konten video kreatifnya trending dan masuk FYP.

Sarah Invera, Founder Iswhite, mengatakan Iswhite sebagai produk yang sepenuhnya buatan lokal merasa bangga karena dapat bersaing dengan produk lainnya dan dikenal oleh masyarakat luas. "Berkat memanfaatkan kampanye Beli Lokal di Tokopedia dan ShopTokopedia, kami mengalami kenaikan penjualan hingga 14 kali lipat. Bahkan, omzet penjualan saat mengikuti kampanye Beli Lokal di Tokopedia meningkat hampir 50%. Sedangkan di ShopTokopedia, omzet meningkat hampir 100% dibandingkan dengan omzet bulan sebelumnya,” kata Sarah.

Sementara Kylafood bergabung di Tokopedia sejak 2018 dan berpatisipasi aktif pada beragam kampanye dan fitur Tokopedia, seperti Tokopedia NYAM!, Waktu Indonesia Belanja (WIB) dan Beli Lokal. Dalam sebulan, manajemen Kylafood rutin mengirimkan ribuan produk ke seluruh wilayah di Indonesia lewat Tokopedia maupun ShopTokopedia dalam aplikasi TikTok.

Bahkan, pengiriman produk Kylafood sudah menjangkau ke wilayah Aceh hingga Papua. Rata-rata kenaikan penjualan kami mencapai hampir 1,5 kali lipat setelah mengikuti kampanye Beli Lokal di Tokopedia dan ShopTokopedia.

Lemovita tak ketinggalan mengoptimalkan platform teknologi seperti Tokopedia dan ShopTokopedia untuk memperluas pasar guna meningkatkan kesadaran masyarakat akan kesehatan. Selain itu, Lemovita pun aktif memanfaatkan kampanye Beli Lokal untuk meningkatkan penjualan. Berkat kampanye Beli Lokal, omzet Lemovita kini mencapai sekitar Rp2 miliar tiap bulan, khususnya lewat ShopTokopedia dalam aplikasi TikTok. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved