Trends

CKB Logistics, Dorong Bisnis Pertambangan Batu Bara Berkelanjutan

Indonesia Coal Summit (ICS) 2024 sebagai wujud dukungan PT Cipta Krida Bahari dalam mendorong kegiatan bisnis pertambangan batu bara yang lebih berkelanjutan.(Foto: Dok/CKB Ligistics).

Indonesia Coal Summit (ICS) 2024 baru saja rampung digelar di Hotel Bumi Senyiur, Samarinda, Kalimantan Timur. Dengan mengusung tema “The Resilience of Coal: Powering a Sustainable Future”, acara ini diharapkan menjadi wadah pertemuan pelaku usaha pertambangan dan stakeholder untuk membahas isu-isu terkini serta berkomitmen melaksanakan praktik pertambangan yang baik (good mining practices).

ICS 2024 bukan hanya menjadi ajang berkumpul, tetapi juga sebagai tempat berbagi pemikiran dan pandangan tentang bagaimana menerapkan praktik pertambangan dengan prinsip yang baik dan benar. Praktisi pertambangan, akademisi, serta berbagai stakeholder dari pemerintah, swasta, dan pelaku dunia usaha hadir untuk membahas ketahanan batu bara sekaligus mendukung bisnis berkelanjutan guna meningkatkan lingkungan bersih di masa mendatang.

Tahun ini, ICS 2024 menggandeng Indonesia Mining Association (IMA), Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesia (APBI), Perhimpunan Ahli Pertambangan Indonesia (Perhapi) PD Kalimantan Timur, dan Forum Kepala Teknik Tambang (FKTT) Kaltim. Kolaborasi ini bertujuan untuk menakar ketahanan batu bara dan mempersiapkan masa depan yang berkelanjutan bagi industri pertambangan.

PT Cipta Krida Bahari (CKB Logistics), sebagai anak usaha PT ABM Investama Tbk (ABMM), turut menunjukkan komitmennya dalam menggeliatkan perekonomian nasional melalui ICS 2024. Perusahaan yang berdiri sejak 1997 ini, dengan semangat “Connecting the Nation” telah menyediakan solusi logistik end-to-end yang mengutamakan standar keamanan dan kebutuhan pelanggan.

Iman Sjafei, Chief Executive Officer CKB Logistics menuturkan, “CKB Logistics sebagai perusahaan yang menyediakan solusi rantai pasok untuk industri tambang, tentunya mengapresiasi dan terus berkomitmen menciptakan bisnis yang berkelanjutan. Semoga dengan adanya perhelatan ini membuat seluruh pihak khususnya CKB Logistics terus tumbuh dan menopang perekonomian nasional.”

Andi Harun, Walikota Samarinda, menambahkan bahwa Indonesia Coal Summit menjadi tempat bertemunya pemangku usaha pertambangan dan stakeholder guna membahas isu-isu terkini. “Saya berharap kegiatan ini dapat menjadi ajang untuk berkumpul, sharing, aktif dan konsisten lagi dalam mengembangkan bisnis yang berkelanjutan, sehingga dapat berkontribusi terhadap pendapatan negara,” katanya.

ICS 2024 menjadi ajan pentingnya kesadaran bahwa praktik pertambangan yang baik dan berkelanjutan adalah kunci dalam menghadapi tantangan masa depan. Dengan kolaborasi yang erat antara pemerintah, swasta, dan berbagai stakeholder, diharapkan industri pertambangan Indonesia dapat terus berkontribusi positif terhadap perekonomian nasional sambil menjaga kelestarian lingkungan. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved