Trends

Berganti Nama, MD Entertainment Membagi Laba

PT MD Entertainment Tbk, yang sebelumnya dikenal sebagai PT MD Pictures Tbk dengan kode saham FILM, menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) dan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) serta public expose di Gedung MD Place Jakarta, Jumat pekan lalu.

RUPST menyetujui laporan tahunan dan pengesahan laporan keuangan Perseroan tahun buku 2023 serta penetapan penggunaan laba bersih Perseroan 2023. Sementara itu, RUPSLB menyetujui perubahan nama Perseroan dari PT MD Pictures Tbk menjadi PT MD Entertainment Tbk tanpa mengubah kegiatan usaha Perseroan.

Pada tahun 2023, Perseroan mencatatkan kinerja positif dengan laba sebesar Rp95,3 miliar. Sebagai hasilnya, Perseroan menetapkan dividen tunai sebesar Rp25 (dua puluh lima rupiah) per lembar saham yang akan dibagikan kepada para pemegang saham. Penjualan film dari segmen digital memberikan kontribusi terbesar, yakni Rp177,5 miliar atau sebesar 52,51% dari total pendapatan segmen film, yang didukung oleh pendapatan film layar lebar sebesar Rp148,3 miliar.

MD Pictures juga mencatatkan kas dan setara kas perusahaan yang positif pada tahun 2023 sebesar Rp518 miliar, mengalami kenaikan sebesar 27,90% atau naik Rp113 miliar dibandingkan tahun 2022, didukung oleh film "Sewu Dino" yang menjadi film lokal dengan pendapatan tertinggi pada tahun 2023.

Manoj Punjabi, Direktur Utama MD Entertainment, menyatakan, “Pesatnya pertumbuhan layanan digital mendorong persaingan di sektor over the top saat ini sangat ketat. Tantangan ini tentu membuat kami untuk semakin kuat berkomitmen menyuguhkan hasil karya terbaik agar di sektor bioskop MD Entertainment tetap berada di garis terdepan di industri. Terbukti pada tahun 2023, dua film produksi MD Entertainment, 'Sewu Dino' dan 'Kisah Tanah Jawa: Pocong Gundul', berhasil masuk dalam jajaran 12 besar dan meraih pangsa pasar sebesar 21% untuk kategori film blockbuster lokal. Selain itu, kemitraan strategis dengan Lionsgate juga semakin memantapkan posisi MD Entertainment di industri perfilman serta memperkuat jangkauan pasar lokal dan internasional yang lebih luas.”

Dalam public expose yang diselenggarakan setelah RUPS, MD Entertainment memaparkan kinerja kuartal pertama di tahun 2024 (Q1-2024) yang mencatat pencapaian penting dengan merilis prekuel yang sangat dinanti dari film lokal terlaris "KKN: Di Desa Penari" berjudul "Badarawuhi: Di Desa Penari". Film tersebut berhasil menarik perhatian lebih dari 3,5 juta penonton dalam negeri dalam waktu kurang dari tiga minggu sejak perilisannya sehingga mencapai 4.013.558 jumlah penonton.

“Melalui film-film yang akan kami hadirkan, MD Entertainment tetap teguh pada komitmen untuk menyediakan konten berkualitas bagi masyarakat luas dan juga memberikan nilai bagi para pemegang saham," ujar Manoj.

Yang terbaru, pada 13 Juni lalu, MD Entertainment merilis film terbarunya berjudul "Ipar adalah Maut" yang disambut antusiasme tinggi dari masyarakat hingga mampu menembus lebih dari 3,5 juta penonton pada hari ke-17 tayang. Film yang diadaptasi dari kisah nyata yang viral di TikTok ini mampu menduduki posisi teratas box office tahun 2024 dan masih terus bertambah.

“Film-film yang kami produksi tidak hanya memenuhi preferensi pasar tetapi juga menunjukkan pendekatan inovatif MD Entertainment dalam pembuatan film,” ungkap Manoj Punjabi.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved