CSR Corner

Bopong 2.0: Inisiatif Bentoel untuk Masa Depan Lingkungan Bersih

Presiden Direktur Bentoel Group, William Lumentut, dan Direktur Utama Parongpong RAW Lab, Rendy Aditya Wachid menghadiri langsung kegiatan sosial urgensi masalah sampah di daerah wisata dan pesisir (Foto: Bentoel Group)

Melalui payung program Bentoel Bangun Bangsa, Bentoel Group menggalakkan kampanye pengelolaan sampah puntung rokok yang disebut Bopong. Program ini diadakan bersamaan dengan aksi bersih pantai yang dilakukan di Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu, bekerja sama dengan Parongpong RAW Lab dan OceanKita.

Presiden Direktur Bentoel Group, William Lumentut, dan Direktur Utama Parongpong RAW Lab, Rendy Aditya Wachid, menghadiri langsung kegiatan ini serta melibatkan perwakilan karyawan, masyarakat lokal, serta media untuk meningkatkan kesadaran bersama tentang urgensi masalah sampah di daerah wisata dan pesisir.

“Program Bopong ini merupakan kolaborasi antara Bentoel Group dan Parongpong RAW Lab untuk menyediakan solusi terhadap permasalahan sampah puntung rokok dengan cara menyediakan tempat penyetoran (drop box) sampah puntung di 7 titik di Jakarta dan Bandung,” jelas William dikutip Selasa, 2 Juli 2024.

Program ini akan berlangsung selama enam bulan dengan fokus pada empat pilar utama, yakni peningkatan kesadaran masyarakat, pengumpulan sampah puntung rokok, pelibatan komunitas, dan daur ulang sampah. Selanjutnya, sampah puntung rokok yang terkumpul nantinya akan melalui proses prototech hydrothermal treatment milik Parongpong RAW Lab, dan diubah menjadi material terbarukan berupa berbagai bentuk furniture.

Sebelumnya, program Bopong telah diujicobakan di Bandung pada tahun 2023 dengan menggandeng sebanyak 53 hotel, restoran, dan kafe (horeka) serta berbagai komunitas setempat dalam upaya edukasi dan pengumpulan sampah puntung rokok. Hasilnya, sebanyak 160 kilogram sampah puntung rokok berhasil terkumpul dalam tiga bulan.

“Senang sekali kami bisa bekerja sama dengan Parongpong RAW Lab dan OceanKita dalam menyelenggarakan kegiatan bersih pantai. Inisiatif ini sejalan dengan strategi kami untuk menempatkan ESG di garda terdepan sebagai bagian dari transformasi bisnis untuk Menciptakan Masa Depan yang Lebih Baik (A Better Tomorrow),” ungkap William.

Aksi bersih pantai ini merupakan bagian dari peluncuran program Bopong 2.0, kampanye pengolahan sampah puntung rokok sebagai pionir di industri rokok dan ingin menjadi bagian dari solusi terhadap permasalahan sampah puntung rokok dengan turut serta melibatkan berbagai pemangku kepentingan dan masyarakat luas. Kami berkomitmen untuk terus menciptakan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat sekitar.

Menurut data Ocean Conservation yang diambil dari hasil coastal cleanup tahun 2021, puntung rokok adalah jenis sampah kedua yang paling banyak ditemukan di pantai. Puntung rokok juga rawan berakhir di selokan dan saluran air yang kemudian terbawa ke laut. “Program kolaborasi dengan Bentoel Bangun Bangsa ini merupakan contoh bentuk sinergi yang baik antara sektor bisnis dan komunitas dalam mencari solusi bersama atas permasalahan sampah. Kami berharap dapat turut menginspirasi banyak pihak di luar sana untuk turut ambil bagian,” kata Rendy.

Parongpong RAW Lab merupakan laboratorium riset dan pengembangan yang berfokus pada keberlanjutan, ekonomi sirkular, dan inovasi material. Parongpong RAW Lab berkolaborasi dengan bisnis dan industri untuk mengolah sampah residu menjadi material bernilai tinggi.

Sementara OceanKita adalah salah satu perusahaan dalam Parongpong Group yang menyediakan solusi komprehensif, inovatif, dan hemat biaya untuk mengurangi sampah dan polusi laut. Mulai dari pengumpulan sampah laut hingga pengolahan plastik dan layanan lainnya, OceanKita bekerja sama dengan komunitas pesisir guna memastikan masa depan yang berkelanjutan.

Program Bopong di Pulau Untung Jawa ini menunjukkan bagaimana kolaborasi antara sektor swasta, komunitas, dan masyarakat dapat menciptakan dampak positif bagi lingkungan. Dengan adanya program ini, diharapkan kesadaran akan pentingnya pengelolaan sampah puntung rokok semakin meningkat dan menjadi inspirasi bagi berbagai pihak untuk turut serta dalam menjaga kebersihan lingkungan. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved