Management

Strategi Inovatif Trisula International untuk Meningkatkan Penjualan di 2024

Dalam menghadapi industri tekstil dan garmen yang makin dinamis, PT Trisula International Tbk (TRIS) mengumumkan strategi inovatifnya untuk meningkatkan angka penjualan di tahun 2024. TRIS mengunggulkan kemampuannya untuk memenuhi customized order atau pesanan khusus, sebuah langkah yang dirancang untuk menangkap tren personalisasi yang semakin diminati konsumen masa kini.

Produk custom TRIS tidak diproduksi secara massal, melainkan dibuat khusus sesuai pesanan pelanggan. Pendekatan ini memungkinkan TRIS melayani pesanan dengan fleksibilitas tinggi, baik dalam jumlah kecil maupun besar. Untuk memastikan kualitas dan keunikan setiap produk, TRIS bekerja sama dengan tim desainer ahli yang mampu memenuhi kebutuhan dan preferensi pelanggan, meskipun dalam tingkat kesulitan tertentu.

“Konsumen masa kini lebih menghargai produk-produk yang bisa dipersonalisasi. TRIS memiliki kemampuan dan pengalaman untuk memenuhi permintaan tersebut, oleh sebab itu customized order adalah salah satu keunggulan kami,” jelas Direktur Utama TRIS, Widjaya Djohan.

Pergeseran preferensi konsumen menuju produk pesanan khusus juga mendapat dukungan dari Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki. Pada acara JakCloth yang diadakan pada Juni 2024, Menteri Teten menyatakan bahwa ada peluang besar bagi pelaku usaha untuk menguasai pasar di sektor fashion. Tren fashion saat ini cenderung mengarah pada custom fashion yang sesuai pesanan konsumen, bukan lagi produksi massal.

Melihat peluang tersebut, TRIS menetapkan target penjualan double digit, yaitu sekitar 10% untuk tahun ini. Selain itu, TRIS berencana untuk meningkatkan cakupan ekspor, seiring dengan pertumbuhan positif industri tekstil dan pakaian jadi di Indonesia. Hingga kuartal pertama, volume ekspor produk tekstil meningkat sebesar 7,34% dan pakaian jadi sebesar 3,08%, menunjukkan potensi pasar internasional yang terus berkembang.

Selain mengunggulkan custom order, TRIS juga memperkuat eksistensinya dengan ekspansi outlet retail JOBB dan Jack Nicklaus melalui anak usahanya BELL. Selama ini, TRIS telah melayani berbagai brand ternama seperti Puma, Munsingwear, Raymond, GoldenBear, dan lainnya untuk pakaian sport dan kasual. Pelanggan TRIS untuk pakaian formal dan korporasi antara lain BNI, Cambridge, dan Michael Kors. Selain itu, perusahaan juga melayani pembuatan seragam penerbangan untuk berbagai maskapai ternama seperti Fly Emirates, Delta Airlines, Air Asia, dan Singapore Airlines.

TRIS berkomitmen untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas produknya guna memenuhi kebutuhan pasar yang dinamis. Dengan strategi yang matang dan fokus pada pesanan khusus, TRIS tidak hanya berupaya meningkatkan penjualan, tetapi juga membangun hubungan yang lebih dekat dengan pelanggan melalui produk yang dipersonalisasi dan berkualitas tinggi.

Ke depannya, TRIS sebagai perusahaan holding akan memperkaya portofolio bisnisnya untuk meningkatkan pendapatan dan meminimalisir risiko terhadap satu segmen. Dengan jaringan distribusi yang luas, termasuk distributor internal di Singapura dan Amerika Serikat, serta merek milik sendiri seperti JOBB dan Jack Nicklaus, TRIS siap untuk bersaing di pasar global. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved