Capital Market & Investment

Trimegah (NCKL) Siap Bagi Dividen Rp1,6 Triliun dan Buyback Saham

Trimegah Bangun Persada akan bagikan dividen Ro1,6 triliun. (Foto Vicky/swa)

PT Trimegah Bangun Persada Tbk (NCKL) mengumumkan akan membagikan dividen sebesar Rp1,6 triliun. Jumlah ini setara dengan 30% dari laba tahun buku 2023 yang mencapai Rp5,62 triliun, meningkat 20,4% YoY. Selain itu, pendapatan perseroan juga mengalami lonjakan signifikan sebesar 149,4%, mencapai Rp23,86 triliun dibandingkan tahun sebelumnya.

Selain membagikan dividen, manajemen NCKL juga mengungkapkan rencana untuk melakukan buyback saham. Manajemen menilai bahwa fundamental perusahaan saat ini cukup baik, namun nilai saham NCKL belum mencerminkan hal tersebut. Oleh karena itu, perseroan berencana melakukan buyback dengan jumlah maksimal Rp1 triliun yang akan dilaksanakan dalam waktu satu tahun sejak Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Lebih lanjut, perseroan juga merencanakan right issue dan telah ada tiga investor strategis yang telah melakukan due diligence dan masuk ke tahap diskusi. "Dana right issue akan digunakan untuk meningkatkan kapasitas produksi dan cadangan nikel perseroan. Selain itu, perseroan juga berencana meningkatkan kepemilikan di fasilitas smelter dan refinery," kata Roy Armand Affandy, Presiden Direktur NCKL, dalam public expose pekan kemarin.

Perseroan menargetkan produksi pada tahun 2024 sesuai dengan kapasitas terpasang yang dimiliki, yaitu 120.000 ton kandungan nikel per tahun dalam bentuk Mixed Hydroxide Precipitate (MHP) dan 120.000 ton per tahun kandungan nikel dalam bentuk Ferronickel (FeNi). Capital expenditure (capex) untuk tahun 2024 diperkirakan mencapai US$60-70 juta, dengan alokasi sebesar US$10-15 juta hingga kuartal pertama 2024. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved