Management

BNI Konsisten Kolaborasikan Program UMKM Go Global

BNI Konsisten Kolaborasikan Program UMKM Go Global
Kementerian BUMN telah memberikan mandat kepada BNI untuk menjadi bank milik Indonesia yang go global. (Foto: BNI)

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu penggerak utama ekonomi Indonesia. Produk UMKM yang relatif terjangkau menjadikannya relevan dengan daya beli berbagai lapisan masyarakat. Selain itu, UMKM juga membuka lapangan kerja baru bagi para tenaga kerja. Oleh sebab itu, Pemerintah Indonesia melalui berbagai Lembaga Tinggi Negara terus memberikan dukungan bagi para UMKM agar dapat meningkatkan kapabilitas dan naik kelas.

Baru-baru ini, KBRI Singapura, Kementerian Perdagangan, Bank Indonesia, Sarinah, serta didukung oleh KADIN dan Jakarta Fashion Week mengadakan acara "Indonesia in SG - New Horizon of Sustainable Indonesia" di Ngee Ann City/Takashimaya, Orchard, Singapura. Pameran tersebut dimeriahkan oleh berbagai UMKM Indonesia penghasil produk fashion dan aksesoris, yang memperkenalkan keunikan dan kualitas produk mereka ke pasar internasional.

Selain itu, Bank Indonesia, KBRI Seoul, dan Kementerian Perdagangan juga berkolaborasi melalui penyelenggaraan "Indonesia in Korea - Seoul Food & Hotel (SFH) 2024" di Kintex, Seoul, Korea Selatan. SFH merupakan pameran makanan terbesar di Korea Selatan yang menjadi platform strategis bagi para UKM Indonesia untuk menjangkau pasar global. Melalui program Xpora, BNI turut mendukung penyelenggaraan acara-acara bertaraf internasional tersebut dengan mengirimkan UMKM terbaiknya untuk berpartisipasi.

Staf Khusus III Menteri BUMN RI Arya Sinulingga memberikan apresiasi terhadap upaya tersebut. "Kementerian BUMN telah memberikan mandat kepada BNI untuk menjadi bank milik Indonesia yang go global. Memang sudah seharusnya BNI berkolaborasi dengan berbagai pihak termasuk pemerintah dan swasta untuk membuka jalan bagi UMKM kita agar bisa ekspor ke luar negeri," ujar Arya. Ia juga menambahkan bahwa kualitas produk UMKM Indonesia semakin meningkat sehingga layak untuk bersaing di pasar global. Dukungan BNI pun sudah memadai bagi pelaku UMKM di Indonesia dan di luar negeri.

"Kalau di Indonesia, BNI menjadi salah satu bank penyalur Kredit Usaha Rakyat dan kredit dengan skema-skema lain bagi UMKM. Sedangkan untuk di luar negeri, BNI terus menggenjot penyaluran Diaspora Loan bagi para diaspora pengusaha di sana melalui Kantor Luar Negeri BNI," ucap Arya.

Dengan berbagai dukungan dan inisiatif ini, diharapkan UMKM Indonesia dapat terus berkembang dan memperluas jangkauan pasarnya hingga ke kancah internasional. Kolaborasi antara pemerintah, swasta, dan lembaga keuangan seperti BNI, dapat menjadi kunci utama dalam mendorong pertumbuhan UMKM dan memperkuat perekonomian nasional. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved