Strategy

Superbank Siap Tempur dengan Kucuran Rp1,2 Triliun dari Grab, Singtel, dan KakaoBank

Superbank terlihat makin serius. Bank digital ini baru saja mendapatkan tambahan investasi sebesar Rp1,2 triliun dari Grab, Singtel, dan KakaoBank. Investasi ini tidak hanya berupa dana segar, tetapi juga teknologi terdepan, wawasan, dan aset jaringan yang secara signifikan memperkuat kapabilitas dan daya saing Superbank di pasar Indonesia.

Tigor M. Siahaan, Presiden Direktur Superbank, mengapresiasi kepercayaan para pemegang saham dan menyatakan, "Dukungan berkelanjutan dari Grab, Singtel, dan KakaoBank tidak hanya berupa investasi, tetapi juga teknologi terdepan, wawasan, dan aset jaringan untuk mempercepat pertumbuhan kami. Tambahan investasi ini akan memperkuat kami dalam memperluas layanan finansial inklusif dan pembiayaan yang mudah diakses oleh lebih banyak nasabah ritel dan UMKM underbanked di Indonesia."

Investasi ini juga menegaskan keyakinan dan dukungan pemegang saham terhadap visi dan potensi pertumbuhan Superbank, yang baru saja menjadi bank pertama di Indonesia yang memberikan akses kepada jutaan pengguna dan mitra Grab untuk membuka rekening, menabung, dan menggunakan rekening sebagai metode pembayaran langsung di aplikasi Grab tanpa perlu mengunduh aplikasi tambahan.

Neneng Goenadi, Country Managing Director Grab Indonesia, menambahkan, "Grab memahami pentingnya menghadirkan teknologi bank digital dengan beragam fitur inovatif serta mudah diakses, dan dapat membantu pengelolaan keuangan yang lebih baik bagi konsumen. Dukungan Grab untuk Superbank menegaskan komitmen bersama kami untuk meningkatkan inklusi keuangan di seluruh Indonesia."

Gan Siok Hoon, Managing Director Singtel, mengatakan, “Putaran investasi baru ini menegaskan komitmen kami dalam meningkatkan inklusi keuangan dan mendorong transformasi digital di seluruh Asia Tenggara, terutama Indonesia. Kami berbagi visi dengan Superbank untuk melayani masyarakat yang belum terjangkau dan yang kurang terlayani oleh layanan perbankan, serta yakin dengan ekosistem kuat dan pertumbuhan berkelanjutan mereka."

Yun Ho Young, Chief Executive Officer KakaoBank, juga mengungkapkan, "Sebagai bank mobile-first dan perusahaan teknologi finansial terdepan dengan jaringan global yang kuat, KakaoBank memahami kekuatan transformatif dari solusi perbankan digital yang aman dan mudah diakses. Investasi berkelanjutan kami di Superbank memperkuat dedikasi kami dalam mendorong inovasi dan inklusi keuangan dalam skala global, serta memberdayakan masyarakat Indonesia melalui layanan finansial yang andal."

Didukung oleh ekosistem yang terdiri dari para pemain industri utama seperti Emtek Group, Grab, Singtel, dan KakaoBank, tambahan investasi ini akan secara signifikan memperkuat kapabilitas dan daya saing Superbank di pasar Indonesia. "Dengan dukungan yang kuat dari mitra ekosistem kami, kami optimis dapat semakin meningkatkan peran dalam mendorong pertumbuhan berkelanjutan bagi masyarakat underbanked untuk membantu meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan mereka," tutup Tigor.

Superbank, yang sebelumnya dikenal sebagai PT Bank Fama International, telah bertransformasi menjadi bank digital inovatif sejak menjadi bagian dari Emtek Group pada akhir 2021, diikuti oleh Grab dan Singtel pada awal 2022, dan KakaoBank pada tahun 2023. Misi Superbank adalah memperluas akses kredit bagi nasabah ritel dan UMKM, memberdayakan mereka dengan solusi inovatif, serta mengembangkan kolaborasi melalui salah satu ekosistem terluas di industri.

Dengan fokus pada inklusi keuangan dan transformasi digital, Superbank terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan nasabah yang beragam. Aplikasi Superbank dapat diunduh di Google Play Store dan Apple App Store, memberikan kemudahan akses bagi nasabah di seluruh Indonesia. Dukungan investasi dan teknologi dari mitra strategisnya memastikan bahwa Superbank berada di jalur yang tepat untuk bersaing di tengah perbankan digital dan mencapai pertumbuhan berkelanjutan. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved