Business Research

Bank DKI Meningkatkan Kualitas Pelayanan Nasabah, Begini Hasilnya

Para pemenang dinilai juri telah memberikan pelayanan prima kepada nasabah melalui berbagai channel layanan (Foto: Bank DKI)

Bank DKI telah melakukan berbagai langkah inovasi digital untuk meningkatkan pelayanan kepada nasabah, dengan salah satu inisiatif utama yaitu aplikasi JakOne mobile yang menawarkan berbagai fitur, mulai dari pembukaan rekening tabungan dan deposito secara online, transfer dana, pembayaran berbagai tagihan, zakat dan berdonasi, hingga integrasi dengan e-wallet untuk pembayaran melalui QRIS. Selain itu, JakOne Mobile dilengkapi teknologi biometrik untuk keamanan transaksi. Bank DKI juga telah memiliki metode layanan nasabah yang lebih responsif melalui live chat.

Inovasi Bank DKI untuk meningkatkan layanan nasabah ini disurvei pada Bank Service Excellence Monitor (BSEM) yang dilakukan oleh Marketing Research Indonesia (MRI). Berdasarkan analisis data dan berbagai metode penilaian kualitas pemberian layanan, MRI menetapkan Bank DKI sebagai pemenang The 3rd Best Overall BPD dalam Pelayanan Prima pada ajang 21st Banking Service Excellence 2024 di Jakarta.

Bank DKI juga memenangkan beberapa kategori layanan terbaik di antaranya sebagai The 1st Best Call Center, The 1st Best Kenyamanan di Kantor Cabang, The 1st Best ATM, The 1st Best Live Chat, dan The 1st Best Opening Account via Mobile.

Perusahaan pemenang merupakan para bank yang dinilai memiliki kinerja terbaik dalam memberikan pelayanan kepada nasabah melalui berbagai channel layanan. Adapun, proses penilaian 21st Banking Service Excellence 2024 didasarkan terhadap berbagai aspek pelayanan bank, diantaranya kepuasan nasabah, inovasi layanan, dan kinerja operasional melalui survei Bank Service Excellence Monitor yang dilakukan oleh MRI dalam dua tahap riset. Pertama, melalui serangkaian online workshop, in-depth interview, focus group discussions, dan online survei. Kedua, melalui pengukuran customer experience dengan mystery shopping.

Direktur Teknologi & Operasional merangkap Pelaksana Tugas (Plt.) Direktur Utama Bank DKI, Amirul Wicaksono pada saat menerima penghargaan, memaknai pengakuan pihak independen ini sebagai upaya untuk terus meningkatkan kualitas layanan kepada nasabah. “Penghargaan yang diraih Bank DKI pada beberapa kategori layanan prima turut merefleksikan komitmen perusahaan secata konsisten berupaya memberikan layanan terbaik kepada masyarakat melalui berbagai langkah inovasi, termasuk berbagai pengembangan produk dan layanan berbasis digital yang berfokus pada layanan perbankan yang mudah, cepat, dan nyaman,” ujar Amirul pada siaran pers di Jakarta, Rabu (3/7/2024).

Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Arie Rinaldi, menyampaikan berbagai penghargaan yang telah diraih semakin memotivasi untuk terus berinovasi dan memberikan layanan yang terbaik. "Bank DKI memperkuat kolaborasi dengan berbagai pihak, untuk menghadirkan solusi keuangan yang inovatif dan relevan bagi nasabah. Pada era digital saat ini, kemampuan beradaptasi dan berinovasi menjadi kunci untuk mempertahankan keunggulan kompetitif. Untuk itu, BPD ini berkomitmen untuk meningkatkan kualitas layanan dan menjadi mitra terpercaya dan memberikan layanan nasabah," ujarnya. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved