Capital Market & Investment

HOKI Semakin Hoki, Laba Bersihnya Kian Tebal

Foto : HOKI.

Emiten produsen beras merek Topi Koki, PT Buyung Poetra Sembada Tbk (HOKI), semakin hoki lantaran laba bersih pada kuartal pertama tahun ini melonjak 698 kali lipat, menjadi Rp14,5 miliar dari Rp20 juta di periode yang sama tahun lalu. Peningkatan perolehan laba bersih ini didukung oleh penjualan yang mencapai Rp500,1 miliar, meningkat 15,6% dari Rp432,6 miliar pada periode sebelumnya. “Kinerja kuartal pertama yang sangat baik ini akan menjadi landasan awal dari suatu kinerja kuat yang terus bertumbuh positif secara berkesinambungan. Ini merupakan awal yang baik di tahun 2024, jadi kami akan terus bekerja keras dengan penuh kehati-hatian untuk bisa memastikan kinerja yang bertumbuh positif ini akan terus berkesinambungan,” ujar Direktur HOKI, Budiman Susilo di Jakarta, Rabu (3/7/2024).

Laba kotor perseroan tercatat sebesar Rp42,1 miliar, meningkat 71,2% dari kuartal pertama tahun lalu yang sebesar Rp 24,6 miliar. Adapun laba usaha tercatat sebesar Rp17,4 miliar, yang berarti bahwa HOKI telah sukses membalikkan situasi kuartal 1 tahun lalu yang menderita rugi usaha Rp1,4 miliar.

Sejak penawaran perdana saham kepada public (IPO), HOKI yang tengah melakukan transformasi bisnis ke sektor FMCG (fast moving consumers goods) dan konsisten membagi dividen kepada para pemegang saham. Sebagaimana telah diputuskan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pekan lalu, manajemen HOKI bakal membagikan dividen sebesar Rp9,68 miliar, atau Rp1 untuk setiap pemegang satu lembar saham. Cum date dividen di 3 Juli 2024, adapun pembayaran dividen akan dilaksanakan pada 26 Juli 2024.

Sejauh ini, transformasi bisnis HOKI ke sektor FMCG berjalan sesuai harapan, terlihat dari pesatnya pertumbuhan penjualan produk FMCG Perseroan yaitu beras khusus DailyMeal. Produk FMCG HOKI saat ini berfokus pada produk beras sehat alternatif berupa beras jagung, beras singkong, dan beras merah. Disebut produk beras sehat, karena DailyMeal Rice ini memiliki indeks glikemik yang rendah, serat yang tinggi, serta bebas gula sehingga bisa menjadi alternatif asupan yang baik untuk penderita diabetes dan mereka yang ingin berdiet.

Dalam rangka percepatan transformasi bisnis ke sektor FMCG tersebut, HOKI tengah membangun pabrik baru untuk produk DailyMeal. Direncanakan, pabrik baru yang terletak di Jawa Tengah tersebut akan selesai dan mulai beroperasi pada pertengahan tahun 2025. Tahun ini, HOKI menargetkan penjualan produk DailyMeal melalui HDN (PT Hoki Distribusi Niaga) akan bisa tumbuh 30%. HDN merupakan anak usaha HOKI dengan kepemilikan saham sebesar 74,1%. Harga saham HOKI pada perdagangan Rabu pekan ini turun tipis 0,68%, menjadi Rp146 dari perdagangan Selasa kemarin(*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved