Management

IPB dan East West Seed Berkolaborasi Tingkatkan Kualitas SDM Sektor Hortikultura

PT East West Seed Indonesia (Ewindo) dan Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor (IPB) menjalin kerja sama pengembangan SDM di Bogor, Jawa Barat pada Rabu, 3 Juli 2024. (Foto : Istimewa).

PT East West Seed Indonesia (Ewindo) dan Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor (IPB) menandatangani perjanjian Kerja Sama Pendidikan Penyelenggaraan Khusus Program Magister Pemuliaan dan Bioteknologi Tanaman (Magister PBT) di gedung Departemen Agronomi dan Hortikultura Fakultas Pertanian Sekolah Pascasarjana IPB, Bogor, Jawa Barat pada Rabu pekan ini.

Kerja sama ini mencakup penyelenggaraan program Magister PBT kepada karyawan Divisi Research and Development di Ewindo untuk tahun ajaran 2024/2025 hingga 2025/2026, untuk mengembangkan ilmu dan teknologi yang mendukung pertanian yang unggul, modern dan berkelanjutan. Lulusan kelas khusus ini diharapkan akan memiliki kompetensi di bidang pemuliaan tanaman dan bioteknologi tanaman tropika yang kreatif, inovatif dan partisipatif, serta diakui secara nasional maupun internasional.

Direktur R&D Ewindo, Fatkhu Rokhman, mengatakan pengembangan sumber daya manusia untuk profesi pemulia tanaman menjadi sangat dibutuhkan. ”Program ini merupakan perwujudan dari Ewindo Academy sebagai wadah pengembangan diri karyawan, yang salah satu pilarnya adalah ”education enhancement”. Kami berharap kerja sama ini dapat mendorong pengembangan varietas unggul sayuran, sehingga pada akhirnya akan memajukan sektor pertanian hortikultura Indonesia,” ujar Fatkhu pada siaran pers di Bogor, Rabu (3/7/2024).

Dekan Sekolah Pascasarjana IPB, Dodik Ridho Nurrochmat, menyampaikan Program Studi Magister PBT memiliki visi sebagai pusat unggulan (center of excellence) bertaraf internasional dalam pengembangan sumber daya manusia yang mampu melakukan penelitian pemuliaan dan bioteknologi tanaman tropika.Kurikulum PS Magister PBT dapat mendukung insan-insan pemulia tanaman Ewindo menjadi intelektual yang unggul dengan kompetensi profesional di era pertanian 4.0, serta memfasilitasi ekosistem tumbuh kembang diri melalui penyediaan suasana akademik yang kondusif,” tutur Dodik.

Kerja sama Ewindo dengan IPB University dalam pilar Tri Dharma Perguruan Tinggi (pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat) sudah berlangsung sejak lama. Penandatanganan kerja sama ini semakin menegaskan upaya kedua belah pihak dalam pengembangan sumber daya manusia melalui kemitraan antara dunia akademik dan industri, yang diharapkan dapat menghasilkan luaran yang semakin berdampak berupa pengembangan varietas unggul sayuran yang nantinya akan dinikmati oleh masyarakat luas.

Dari sisi penerapan inovasi dan teknologi, fasilitas pemuliaan tanaman Ewindo juga merupakan yang terdepan di industri benih hortikultura. Beberapa varietas unggul benih Cap Panah Merah hasil pemuliaan tanaman Ewindo yang memberikan dampak peningkatan kesejahteraan petani. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved