Trends

Inilah Lima Family Office Terbesar di Dunia

Kosa-kata “Family Office” tiba-tiba saja ramai dalam beberapa hari terakhir. Pasalnya, Presiden Joko Widodo telah menunjuk Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan untuk mempersiapkan pembentukan Task Force Family Office di Indonesia.

Nah, berikut ini adalah lima Family Office papan atas, yang disebut-sebut terbesar di dunia. Mereka menangani aset orang-orang superkaya.

1. Walton Enterprises LLC

Walton Enterprises LLC adalah entitas investasi utama dan kantor keluarga untuk keluarga Walton, ahli waris dari Sam Walton, pendiri Walmart. Didirikan untuk mengelola kekayaan dan investasi keluarga Walton, perusahaan ini adalah salah satu kantor keluarga terbesar dan paling berpengaruh di dunia.

Perusahaan ini mengawasi portofolio besar yang mencakup kepemilikan saham signifikan di Walmart. Walton Enterprises LLC disebut mengelola sekitar US$224,5 miliar aset, menjadikannya kantor keluarga terbesar di dunia. Kantor pusatnya berada di Bentonville, Arkansas, dan memiliki kantor tambahan di Washington, Denver, dan Jersey City​.

Walton Enterprises memainkan peran penting dalam mempertahankan kepemilikan saham besar keluarga di Walmart, yang melibatkan investasi strategis dan kegiatan amal melalui Walton Family Foundation. Yayasan ini berfokus pada bidang seperti pendidikan, konservasi lingkungan, dan pengembangan komunitas​.

2. Cascade Investment, L.L.C

Cascade Investment, L.L.C. adalah perusahaan investasi dan holding swasta yang berbasis di Kirkland, Washington. Didirikan oleh Bill Gates dan dikelola oleh Michael Larson. Perusahaan ini terutama mengelola kekayaan Gates dan terlibat dalam berbagai investasi di berbagai kelas aset, termasuk ekuitas publik, pendapatan tetap, dan real estat.

Hingga tahun 2024, portofolio Cascade Investment mencakup kepemilikan signifikan di beberapa perusahaan. Investasi penting termasuk Republic Services Inc, Deere & Co, dan AutoNation Inc. Perusahaan ini memiliki saham besar di perusahaan-perusahaan ini, yang menyoroti strategi mereka dalam mengonsentrasikan investasi di industri bernilai tinggi dan stabil​.

Cascade Investment juga memiliki portofolio yang beragam yang mencakup aset signifikan lainnya seperti saham di Ecolab Inc. dan investasi strategis di sektor infrastruktur dan energi. Pendekatan perusahaan ini berfokus pada penciptaan nilai jangka panjang dan keberlanjutan, sesuai dengan tujuan filantropis dan investasi Gates yang lebih luas​. Mengacu Sovereign Wealth Fund Institute, ditaksir asetnya mencapai US$170 miliar

3. Bezos Expeditions

Bezos Expeditions adalah kantor keluarga dan kendaraan investasi dari Jeff Bezos, pendiri Amazon. Didirikan pada tahun 2005, perusahaan ini mengelola investasi pribadi Bezos dan berbasis di Mercer Island, Washington. Bezos Expeditions berinvestasi di berbagai sektor, termasuk teknologi, kesehatan, dan media, dengan fokus pada bisnis di berbagai tahap pengembangan, dari tahap awal hingga tahap lanjut.

Perusahaan ini terlibat dalam beberapa investasi dan proyek profil tinggi, termasuk:

  • Blue Origin: Produsen dirgantara swasta dan perusahaan layanan penerbangan luar angkasa yang didirikan oleh Jeff Bezos.
  • The Washington Post: Surat kabar harian utama Amerika yang diakuisisi oleh Bezos pada tahun 2013.
  • Bezos Day One Fund: Inisiatif filantropi yang berfokus pada pendanaan organisasi nirlaba yang membantu keluarga tunawisma dan menciptakan jaringan prasekolah nirlaba baru di komunitas berpenghasilan rendah.
  • 10,000 Year Clock: Proyek jangka panjang untuk membangun jam yang dirancang untuk bertahan 10.000 tahun, melambangkan pemikiran jangka panjang.

Investasi terkenal lainnya oleh Bezos Expeditions mencakup perusahaan seperti Airbnb, Twitter, Uber, dan Juno Therapeutics, di antara banyak lainnya​ (Bezos Expeditions)​​. Aset Family Office ini mencapai US$107 miliar.

4. Pontegadea

Pontegadea Inversiones, S.L. adalah perusahaan investasi swasta milik Amancio Ortega, pendiri Inditex, perusahaan induk dari Zara. Didirikan pada tahun 2001, Pontegadea mengelola kekayaan besar Ortega, dengan fokus utama pada investasi real estat. Ini dianggap sebagai salah satu perusahaan investasi swasta terbesar dan paling signifikan di dunia.

Portofolio Pontegadea mencakup kepemilikan real estat yang substansial di lokasi-lokasi perkotaan utama di Amerika Utara dan Eropa. Perusahaan ini memiliki dan mengelola properti residensial mewah, gedung perkantoran, dan saham signifikan dalam berbagai proyek infrastruktur. Akuisisi penting termasuk Royal Bank Plaza di Toronto, menara apartemen mewah Kiara di Seattle, dan beberapa properti di distrik bisnis utama Inggris​.

Selain real estat, Pontegadea telah mendiversifikasi investasinya ke energi terbarukan dan sektor lainnya. Misalnya, perusahaan ini telah mengakuisisi saham signifikan dalam proyek energi terbarukan, seperti 49% saham dalam beberapa ladang angin dan matahari yang dioperasikan oleh Repsol di Spanyol​.

Strategi investasi Pontegadea bertujuan untuk memastikan pertumbuhan yang stabil dan jangka panjang, memanfaatkan dividen besar yang diterima dari kepemilikan mayoritas Ortega di Inditex. Diversifikasi strategis ini membantu mengurangi risiko dan meningkatkan nilai keseluruhan portofolio. Total asetnya mencapai US$97 miliar.

5. Mousse Partners

Mousse Partners adalah divisi investasi dari Mousse Investments Limited, yang berfungsi sebagai kantor keluarga untuk keluarga Wertheimer, pemilik merek mewah Chanel. Didirikan pada tahun 1979, perusahaan ini mengelola portofolio global investasi yang luas di berbagai kelas aset, termasuk ekuitas swasta, modal ventura, aset riil, dan pasar publik. Strategi investasi perusahaan ini berfokus pada pertumbuhan jangka panjang dan berkelanjutan. Asetnya mencapai US$89 miliar.

Mousse Partners beroperasi dari beberapa lokasi, dengan kantor di New York City, Beijing, Hong Kong, dan Kepulauan Cayman. Perusahaan ini dikenal karena hubungan mendalam dan kolaboratifnya dengan manajer investasi eksternal, serta investasi langsung bersama tim manajemen berkualitas tinggi, pengusaha, dan investor institusional lainnya​.

Portofolio perusahaan mencakup berbagai investasi di sektor-sektor seperti teknologi, kecantikan, dan kesehatan. Investasi penting termasuk perusahaan seperti Beautycounter, Airbnb, dan Uber. Mousse Partners tidak menawarkan layanan penasihat investasi kepada pihak ketiga dan fokus hanya pada pengelolaan aset keluarga Wertheimer​​.

Nah, itulah lima Family Office terbesar di dunia.


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved