Marketing

Inovasi dan Strategi Implora untuk Bersaing di Industri Kecantikan

Perkembangan tren makeup kembali meningkat beberapa tahun belakangan ini setelah pandemi Covid-19 yang mengharuskan kita beraktivitas dari rumah. Sudah cukup banyak brand kecantikan lokal yang fokus untuk memproduksi berbagai variasi makeup mulai dari perias wajah, mata, hingga bibir. Salah satu brand lokal yang selalu berinovasi dengan berbagai produk perawatan kecantikan seperti skincare, makeup, dan personal care lainnya adalah Implora.

Selama tahun 2024 ini, Implora sudah merilis 8 produk dengan total 37 SKU. Tidak sampai di situ saja, pada pertengahan tahun 2024 ini Implora mengeluarkan produk complexion yang cocok digunakan sehari-hari dan dibawa bepergian yaitu Implora Healthy Glow Cushion.

“Produk ini merupakan cushion pertama yang kami luncurkan. Selain untuk melengkapi rangkaian makeup dari Implora, Healthy Glow Cushion ini juga dibutuhkan oleh banyak perempuan agar tampil lebih percaya diri saat berada di luar rumah,” ujar Gabriella Gebby, Digital Lead Implora dalam keterangan tertulis di Jakarta (04/07/2024).

Gabriella mengklaim, keunggulan dari Implora Healthy Glow Cushion adalah mampu menyamarkan tampilan pori-pori besar dan warna kulit yang tidak merata agar kulit wajah tampak lebih flawless. Juga, terdapat kandungan UV protection yang mampu memberikan perlindungan dari paparan sinar matahari. Cushion ini memiliki packaging yang mudah dibawa di dalam tas untuk kegiatan sehari-hari maupun saat travelling. “Healthy Glow Cushion juga sudah dilengkapi dengan sponge untuk mengaplikasikan produk dan cermin,” ucapnya.

Implora sudah berdiri sejak tahun 2000 awal yang mengukir reputasinya di industri kecantikan Indonesia. Target Implora pada tahun ini adalah memproduksi lebih banyak produk sesuai dengan permintaan konsumen yang makin meningkat. Seluruh produk Implora sudah lolos uji BPOM jadi aman untuk digunakan.

Implora telah mempunyai pabrik, gudang, dan kantor yang berlokasi di Sidoarjo, Jawa Timur, dan mengembangkan usahanya dengan membuka kantor di Jakarta Pusat. Saat ini Implora memiliki lebih dari 100 produk skincare dan makeup dan 50 SKU yang bisa dibeli melalui marketplace dan toko-toko kosmetik. Perusahaan ini didirikan oleh Go Wie Liem dan istrinya Sri Melani dengan nama CV Priskila Mandiri Utama dengan bisnis awal wewangian bernama Implora.

Go Wie Liem mulai memasarkan produknya dari mulut ke mulut. Tidak dinyana, parfum tersebut direspons antusias konsumen. Seiring dengan perubahan tren kebutuhan wanita, CV Priskila Mandiri Utama mulai berinovasi memproduksi produk-produk dekoratif seperti bedak, eyeshadow dan lipstik padat yang didistribusikan secara terfokus di Jawa dan Bali. Puncaknya di tahun 2017, CV Priskila Mandiri Utama membuat produk Urban Lip Cream Matte.

Tahun 2017, CV Priskila Mandiri bergabung dengan PT Kapal Api Global dan saat ini berganti nama menjadi PT Implora Sukses Abadi. Tidak hanya fokus pada produksi parfum dan dekorasi, perusahaan juga mulai memasuki industri perawatan pribadi, seperti hand sanitizer dan disinfektan. Perusahaan pun kian melebarkan sayapnya dengan menciptakan berbagai produk perawatan tubuh yang telah melalui proses penelitian dan pengembangan yang menyeluruh sebagai solusi kebutuhan konsumen.

Strategi Implora dalam berinovasi dan memperluas lini produknya mencerminkan pemahaman mendalam terhadap dinamika pasar dan kebutuhan konsumen. Dengan terus merilis produk baru dan meningkatkan kualitas, Implora mampu mempertahankan relevansinya di industri kecantikan yang kompetitif. Inovasi produk seperti Healthy Glow Cushion menunjukkan komitmen Implora untuk memberikan solusi kecantikan yang praktis dan efektif bagi para perempuan modern. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved