Technology

AWS: Pengembangan AI Generatif Memprioritaskan Sistem Keamanan

Kimberly Dickson, Senior Worldwide Security Specialist AWS.

Amazon Web Services (AWS) memiliki komitmen tinggi dalam keamanan cloud dan mendorong organisasi dapat bergerak dengan cepat dan aman. Budaya keamanan yang kuat dapat mendukung penggunaan kecerdasan buatan (AI) generatif yang aman bagi setiap organisasi.

Kimberly Dickson, Senior Worldwide Security Specialist AWS menyampaikan bahwa keamanan dan kepatuhan adalah tanggung jawab penting yang perlu ditangani bersama oleh AWS dan pelanggan. “Oleh karena itu, kami memiliki Model Tanggung Jawab Bersama (Model Shared Responsibility) yang memastikan bahwa kami, bersama dengan pelanggan, melindungi berbagai aspek cloud,” kata Dickson pada virtual media briefing di Jakarta, Rabu (3/7/204).

Dalam model ini, AWS bertanggung jawab untuk melindungi infrastruktur yang menjalankan semua layanan yang ditawarkan di AWS Cloud. Sementara tanggung jawab pelanggan akan ditentukan oleh layanan AWS Cloud yang dipilihnya. Ini menentukan jumlah pekerjaan konfigurasi yang harus dilakukan pelanggan sebagai bagian dari tanggung jawab keamanan mereka. Pelanggan bertanggung jawab untuk mengelola data mereka (termasuk opsi enkripsi), mengklasifikasikan aset mereka, dan menggunakan alat Identity and Access Management (IAM) untuk menerapkan izin yang sesuai.

Selain itu beberapa waktu lalu, dalam agenda tahunannya yaitu AWS re:Inforce 2024, AWS memperkenalkan berbagai solusi terkini seperti pengembangan dukungan untuk passkey FIDO2 di AWS IAM sebagai metode untuk autentikasi multi-faktor (MFA) seiring dengan meningkatkan kemampuan MFA.

AWS Identity and Access Management (IAM) kini mendukung passkey sebagai faktor autentikasi kedua untuk memberikan proses masuk yang lebih mudah dan aman di seluruh perangkat pengguna Anda. Berdasarkan standar FIDO, passkeys menggunakan kriptografi kunci publik, yang memungkinkan autentikasi kuat dan tahan phishing sehingga lebih aman daripada kata sandi.

Lalu, layanan AWS CloudTrail Lake memperkenalkan fitur baru (preview) yaitu pembuatan query bahasa natural dengan dukungan AI. Dengan fitur ini, pengguna dapat menganalisa aktivitas AWS Anda di CloudTrail Lake dengan lebih mudah, tanpa perlu menulis query SQL yang rumit.

Dan berikut, AWS mengumumkan ketersediaan Amazon GuardDuty Malware Protection secara umum untuk Amazon S3. Peningkatan ini memungkinkan Anda untuk memindai objek yang baru diunggah ke bucket Amazon S3 untuk potensi malware, virus, dan unggahan mencurigakan lainnya, sehingga pengguna dapat mengambil tindakan untuk mengisolasi objek tersebut sebelum terproses lebih lanjut.

Phil Rodrigues, Global Head of Customer Security Outcomes AWS mengatakan, “keamanan adalah prioritas utama AWS yang menyediakan solusi keamanan cloud kepada pelanggan di Indonesia untuk bereksperimen dan berinovasi dengan aman. Hal ini membuat mereka dapat bergerak cepat dan tetap aman, terlebih lagi di era kecerdasan buatan generatif ini. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved