Marketing

Lika-Liku Tianira Menjaring Omset Rp100 Juta Per Bulan di TikTok

Tianira bangkit dari kesulitan finansial berkat kreatif di media sosial Tiktok. (dok Tiktok)

Tianira, ibu rumah tangga (IRT), menjadi sorotan publik karena kesuksesannya sebagai kreator affiliate di platform TikTok. Sekarang, penghasilannya mencapai Rp100 juta per bulan dan mempekerjakan lebih dari 5 orang karyawan. Pencapaian ini dicapai tidak dengan sederhana, namun penuh dengan kerja keras dan konsistensi.

Perempuan bernama Rayta Arsyila Tianira ini memulai perjalanannya dari titik terendah dalam hidupnya, kesulitan finansial. Ibu satu anak ini mencari cara agar bisa survive dengan memulai mengambil peluang di Keranjang Kuning Tiktok Shop (sekarang ShopTokopedia) pada 2021. Dia mulai mengasah kreativitasnya, memanfaatkan segala hal yang bisa ditemukan di sekitarnya untuk menciptakan video-video yang tidak hanya menarik tetapi juga unik dan berbeda.

Baginya, TikTok sangat membantu dalam meningkatkan ekonomi, bukan hanya bagi para kreator affiliate, tetapi juga bagi para penjual yang dibantu oleh kreator yang mempromosikan produknya. "⁠Ke depannya, saya ingin mengembangkan beberapa akun affiliate tambahan yang aktif live streaming di TikTok sambil bekerjasama dengan beberapa produsen untuk membuat produk-produk fashion yang akan dijual di ShopTokopedia,” katanya, Rabu (3/7/2024).

Kontennya yang kreatif dan menghibur mulai menarik perhatian banyak pengguna TikTok, terutama ketika Tianira aktif melakukan siaran langsung (Live). Peningkatan jumlah pengikut dan tayangan video secara signifikan mengantarkan Tianira menuju kesuksesan sebagai kreator affiliate di platform tersebut Wanita berhijab ini merupakan salah satu top kreator di Bandung, Jawa Barat.

Berkat upayanya, Tianira mampu melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi. Lebih dari itu, dia juga berperan aktif dalam memberdayakan orang lain, khususnya dengan membuka peluang pekerjaan. Karyawannya itu antara lain seorang ibu rumah tangga yang membesarkan keluarganya sendiri yang terbantu oleh bisnis Tianira sebagai kreator affiliate.

Namun, perjalanan Tianira tidak selalu mulus. Seperti banyak kreator lainnya, ia merasakan dampak dari penutupan fitur belanja di TikTok, sebuah tantangan yang memaksanya untuk mengurangi jam kerja para karyawannya. Dalam menghadapi masa transisi ini, Tianira terus berupaya untuk memastikan kelangsungan bisnisnya. Setelah kembalinya ShopTokopedia, penghasilan Tianira berangsur-angsur naik hingga saat ini mencapai Rp100 juta per bulan. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved