Strategy

Dukung Ekonomi Biru, J Trust Bank Garap Pembiayaan Mikro Nelayan

Penandatanganan MoU antara J Trust Bank dengan Blue Insitute untuk mendukung ekonomi biru di Indonesia. (Foto : JTrust Bank).

PT Bank J Trust Indonesia Tbk (BCIC) menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Blue Institute untuk pembiayaan mikro kepada Koperasi Masyarakat Perikanan Pesisir bermitra dengan PT Sinar Purefoods International dan PT Samudra Ulam Nusantara. Komitmen bersama ini untuk mewujudkan ekonomi biru yang memiliki potensi besar di Indonesia.

Ekonomi biru didefinisikan sebagai sebagai ekonomi laut yang merujuk pada pemanfaatan sumber daya laut secara berkelanjutan untuk peningkatan ekonomi, perbaikan kehidupan masyarakat, serta kesehatan ekosistem laut. Ekonomi biru sangat bergantung pada kondisi kehidupan segitiga terumbu karang sebagai episentrum keanekaragaman hayati laut dunia yang meliputi lautan enam negara di kawasan Asia Pasifik Indonesia, Malaysia, Papua Nugini, Filipina, Kepulauan Solomon, dan Timor Leste.

Domain maritim merupakan mesin pertumbuhan utama bagi perekonomian ASEAN. Sektor perikanan, transportasi laut, dan pariwisata serta kegiatan ekonomi berbasis laut lainnya menyumbang 15,5% dari produk domestik bruto (PDB) di kawasan ini dan mendukung 18,2% lapangan kerja. “Perseroan siap berperan aktif dalam mendukung ekosistem ekonomi biru di Indonesia. Kami meyakini pentingnya membangun kekuatan ekonomi yang berkelanjutan di sektor kelautan, di mana laut adalah penopang kehidupan untuk bumi dan seluruh makhluk hidup di dalamnya,” kata Direktur Bisnis J Trust Bank, Widjaja Hendra, Kamis (4/7/2024).

JTrust Bank siap memberikan kredit mikro via indirect channel kepada pelaku usaha ultra-mikro di dalam ekosistem ekonomi biru melalui kerja sama dengan pihak ketiga yang nantinya membantu J Trust Bank dalam mendistribusikan kredit tersebut. Tidak hanya pemberian kredit, Perseroan juga turut berbagi peran dalam program tanggung jawab sosial perusahan (CSR) bersama dengan Sinar Purefoods International dan Samudra Ulam Nusantara. Hal ini selaras dengan komitmen perseroan untuk meneruskan kinerja positif perusahaan melalui pertumbuhan portofolio pembiayaan berkelanjutan.

Per Desember 2023, JTrust Bank mencatatkan kredit pada sektor usaha mikro kecil menengah (UMKM) sebesar Rp4,3 triliun atau naik sebesar 56% dari Rp2,8 triliun di Desember 2022. Sedangkan pada kredit Kegiatan Usaha Berwawasan Lingkungan (KUBL), per Desember 2023 Perseroan telah mendistribusikan kredit sebesar Rp5.7 triliun atau setara dengan 24% dari total portofolio kredit. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved