Strategy

Gunakan Bio Material, Strategi Unicharm Seimbangkan Pertumbuhan dan Lingkungan

Dengan bio material, Unicharm bertekad untuk memberikan kontribusi lebih besar terhadap penurunan penggunaan plastik yang berasal dari minyak bumi (Foto: Ist)

Sejak tahun 2021 PT Uni-Charm Indonesia Tbk (Unicharm) mulai mengembangkan produk yang ramah lingkungan demi berkontribusi pada lingkungan. Pada hari lingkungan hidup sedunia tahun 2024, Unicharm meluncurkan produk-produk edisi terbatas menggunakan bio material dari tiga kategori yaitu popok bayi MamyPoko Royal Soft Bio, pembalut wanita Charm Cooling Fresh Bio & Charm Daun Sirih Bio serta tisu basah antibakteri Kirey Wipes Bio.

Bio material berasal dari tanaman tebu, batu kapur, minyak botani dan resin alami. Berbeda dengan minyak bumi, bahan dasar alami ini dapat diperbarui. Melalui inisiatif ini Unicharm berharap dapat berkontribusi dalam mewujudkan lingkungan yang berkelanjutan atau sustainable. Dengan menggunakan bio material, produk-produk ini dapat mengurangi penggunaan material yang berasal dari minyak bumi.

Public figure Tasya Kamila mengatakan, untuk mengatasi masalah lingkungan tidak cukup hanya dengan upaya dari pemerintah saja. Setiap individu termasuk masing-masing dari kita harus berkontribusi dari hal kecil yang bisa kita lakukan sendiri, misalnya mengurangi penggunaan botol plastik dan menggantinya dengan tumbler, atau membawa totebag ketika berbelanja. Kita juga bisa berkontribusi dengan memilih dan menggunakan produk yang ramah lingkungan seperti yang diluncurkan Unicharm kali ini.

Presiden Direktur PT Uni-Charm Indonesia Tbk., Takumi Terakawa menjelaskan dalam keterangan tertulis (04/07/2024), “Dari hasil riset yang kami lakukan, kesadaran konsumen pembalut wanita akan lingkungan meningkat hingga 2x lipat dalam tiga tahun terakhir. Di sisi lain, popok berbahan alami juga menjadi poin pertimbangan bagi konsumen dalam memilih popok bayi, yang mana skornya meningkat 3x lipat dalam satu tahun terakhir. Mengamati perubahan kesadaran yang terjadi pada konsumen, bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024, Unicharm meluncurkan produk Charm, MamyPoko, serta Kirey Antibacterial Wipes yang menggunakan bio material.”

Unicharm telah mengembangkan produk yang menggunakan bio material sejak tahun 2022. Dengan memperbanyak jumlah produk yang menggunakan bio material, Unicharm bertekad untuk memberikan kontribusi lebih besar terhadap penurunan penggunaan plastik yang berasal dari minyak bumi. Semua produk dari tiga kategori ini menggunakan logo bio material pada kemasan untuk mengomunikasikan ke konsumen bahwa ini adalah produk yang ramah lingkungan.

Selain itu, dengan menyampaikan pesan “Mari Lakukan Kebaikan Kecil”, Unicharm mengajak masyarakat untuk melakukan kebaikan bagi lingkungan dimulai dari yang bisa dilakukan sendiri. Seluruh produk ini dikembangkan dengan kualitas Jepang, dan memiliki kualitas yang sama dengan produk reguler meskipun menggunakan bio material.

“Kami menyadari bahwa sebagai perusahaan yang sudah lebih dari 25 tahun mengembangkan bisnisnya di Indonesia, Unicharm memiliki tanggung jawab untuk berkontribusi terhadap masalah sosial dan lingkungan. Oleh karena itu, kami akan terus melakukan berbagai inisiatif mulai dari peluncuran produk ramah lingkungan, dan berbagai kegiatan konservasi lingkungan,” jelas Takumi.

Dari 17 target SDGs (Sustainable Development Goals) yang dicanangkan, melalui kegiatan ini Unicharm berupaya untuk berkontribusi pada target No.12 “Konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab”. Dengan salah satu elemen slogan perusahaan Ethical Living for SDGs yaitu “Konservasi lingkungan, sumber daya laut dan pemeliharaan keanekaragaman hayati”, untuk ke depan, Unicharm akan terus berusaha untuk memecahkan masalah konservasi lingkungan dan sosial, serta berkontribusi pada perwujudan SDGs.

Heni Indrayati selaku Head of Corporate Planning Division PT Uni-Charm Indonesia Tbk menjelaskan, Unicharm mencanangkan Ethical Living for SDGs sebagai slogan perusahaan pada tahun 2021 dengan tujuan untuk berkontribusi pada perwujudan SDGs. Di dalam slogan ini terkandung makna melakukan kebaikan kecil dalam kehidupan, dan dipenetrasikan kepada karyawan dan masyarakat luas.

Hingga saat ini, Unicharm telah melakukan berbagai kegiatan yang sejalan dengan elemen Ethical Living for SDGs, seperti edukasi pemilahan sampah di sekolah-sekolah, pemasangan pembangkit listrik tenaga surya, kegiatan bersih-bersih sungai, dan juga meluncurkan produk yang ramah lingkungan.

Heni juga menjelaskan bahwa produk pembalut Charm Cooling Fresh Bio memiliki sensasi dingin yang sama seperti Charm Cooling Fresh reguler, menggunakan bio material pada beberapa bagian produk seperti kemasan, top sheet, back sheet, side sheet, dan wing sheet.

Sedangkan Charm Daun Sirih Bio tetap memiliki fungsi dasar mencegah bau, dan menggunakan bio material di seluruh bagian pembalut meliputi cover sheet, second sheet hingga kemasan individual. Seluruh bagian yang bersentuhan langsung dengan kulit dari dua produk ini menggunakan 100% bio fiber, sehingga lebih lembut di kulit, juga lebih ramah untuk wanita dan lingkungan dibanding produk sejenis yang diluncurkan tahun lalu.

Sementara popok MamyPoko Royal Soft Bio menggunakan bio material pada 80% komponen produk meliputi kemasan dan bagian-bagian lain. Daya serap superior dan dryness setara dengan popok MamyPoko Royal Soft reguler. Terutama di bagian top sheet yang bersentuhan dengan kulit bayi menggunakan 100% kapas organik yang aman. Ini merupakan komitmen kami untuk memberikan produk bagi orang tua dan anak yang tidak hanya ramah lingkungan tetapi juga nyaman digunakan.

Untuk tisu Kirey Wipes Bio, serat plastik yang digunakan pada setiap lembar tisu seluruhnya diganti dengan campuran antara bio fiber atau serat bio yang berasal dari tanaman tebu dan PET yang telah didaur ulang. Produk ini tidak hanya ramah lingkungan, tetapi juga memiliki keunggulan dari sisi antibakterial, kelembutan, kemudahan penggunaan dan bebas alkohol yang sama dengan produk reguler. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved