Management

Elnusa Petrofin Implementasikan Pit Stop di Jalur Blankejeren Sumatera Utara

Program Pit Stop merupakan bagian dari rencana strategis Elnusa Petrofin dalam memberikan standarisasi fasilitas, pelayanan, dan kenyamanan pada titik-titik lokasi tempat beristirahat para awak mobil tangki.(Foto: Elnusa Petrofin)

PT Elnusa Petrofin (EPN), anak usaha dari PT Elnusa Tbk, mengadakan inisiasi baru yang berfokus pada peningkatan faktor keselamatan dan wellbeing para Awak Mobil Tangki (AMT) melalui implementasi “Pit Stop” yang dimulai di Jalur Blankejeren, Sumatera Utara. Program ini resmi dimulai pada akhir Juni 2024 hingga sekarang, sebagai langkah proaktif dalam upaya mitigasi kecelakaan lalu lintas yang disebabkan oleh kelelahan pengemudi.

Pit Stop ini dirancang sebagai fasilitas rest area yang dilengkapi dengan berbagai sarana untuk mendukung kenyamanan dan keselamatan pengemudi. Fasilitas yang tersedia antara lain area istirahat yang nyaman, layanan makanan dan minuman, alat pemadam api, dan kotak P3K. Inisiatif ini merupakan wujud nyata dari komitmen Elnusa Petrofin dalam menjaga keselamatan kerja dan memberikan pelayanan terbaik bagi para pengemudi.

Latar belakang diadakannya inisiatif ini adalah karena adanya beberapa kejadian kecelakaan lalu lintas di wilayah kerja transportasi Elnusa Petrofin. Kejadian tersebut mendorong perusahaan untuk melakukan berbagai perbaikan guna menekan tingkat kelelahan para AMT yang bertugas mendistribusikan BBM. Melalui Pit Stop ini, para pengemudi dapat beristirahat selama 6 jam setelah berkendara selama 12 jam dalam satu kali penyaluran 1x24 jam pulang pergi.

Program ini juga merupakan bagian dari rencana strategis Elnusa Petrofin dalam memberikan standarisasi fasilitas, pelayanan, dan kenyamanan pada titik-titik lokasi tempat beristirahat para AMT. Tidak hanya di Sumatera Utara, ke depannya Pit Stop ini juga akan dipasang di beberapa titik lokasi lainnya di Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi.

“Dengan adanya Pit Stop ini, diharapkan dapat meningkatkan keselamatan dan kesejahteraan para pengemudi serta mendukung kelancaran operasional distribusi BBM yang aman dan efisien,” ucap Ferdiansyah, Direktur Operasi dan Marketing Elnusa Petrofin (04/07/2024).

Elnusa Petrofin didirikan di Jakarta pada tanggal 5 Juli tahun 1996, sebagai anak perusahaan dari PT Elnusa Tbk. Elnusa merupakan perusahaan afiliasi PT Pertamina Hulu Energi, Sub Holding Upstream PT Pertamina (Persero). Elnusa Petrofin bergerak di bidang jasa logistik dan distribusi BBM, terutama Jasa Transportasi BBM, Layanan BBM Terintegrasi (pengelolaan BBM, pengelolaan fuel/integrated terminal, & LPG), trading BBM, lubricant dan chemical.

Elnusa Petrofin merupakan salah satu ujung tombak Pertamina untuk menyalurkan BBM PSO (public service obligation) dan BBM Satu Harga ke seluruh penjuru Nusantara. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved