CSR Corner

Bakti BCA Program CSR Terbaik Se-Asia, Ini Dampak Nyatanya

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mendapatkan penghargaan Asia’s Best CSR di 14th Asian Excellence Award 2024 diselenggerakan oleh Corporate Governance Asia, majalah yang diterbitkan oleh New Initiative Media Ltd. Hera F. Haryn, EVP Corporate Communication & Social Responsibility BCA mengatakan melalui program Bakti BCA.

Perseroan pada program ini menciptakan dampak positif dari mulai skala individu, masyarakat, dan ekosistem. "BCA percaya bahwa individu yang berdaya dapat memberdayakan komunitasnya, dan komunitas yang berdaya dapat berkontribusi positif pada kelestarian ekosistem, sehingga tercipta sebuah siklus yang saling berpengaruh. Melalui program ini, BCA berinovasi untuk menciptakan solusi yang efektif dan relevan guna menjawab tantangan yang dihadapi masyarakat dan lingkungan," tutur Hera pada siaran pers di Jakarta, Jumat (5/7/2024).

Program Bakti BCA mencakup beberapa aspek, yakni kesehatan (Bakti Kesehatan), pendidikan (Bakti Pendidikan), budaya (Bakti Budaya), pemberdayaan masyarakat (Bakti UMKM & Desa Bakti BCA), serta lingkungan (Bakti Lingkungan). Selain itu, dalam rangka memperkuat jejak bakti perusahaan untuk membangun Indonesia yang lebih baik, perseroan meluncurkan kampanye #BuktiBaktiBCA pada April 2024.

Kampanye ini mengomunikasikan berbagai program pengembangan berkelanjutan dari Bakti BCA, sekaligus mengajak seluruh pihak untuk turut berkontribusi positif bagi pembangunan berkelanjutan di Indonesia. Pada bakti pendidikan, BCA sepanjang semester pertama tahun ini melaksanakan edukasi literasi keuangan dari barat hingga timur Indonesia, yang dihadiri oleh lebih dari 20 ribu orang. BCA juga memberikan Beasiswa Bakti BCA 2024 kepada mahasiswa sejumlah 700 orang dari 20 perguruan tinggi di Indonesia.

Untuk meningkatkan pendidikan tingkat sekolah, BCA menambah 4 sekolah binaan baru yang tersebar di Ibu Kota Nusantara (IKN), Bengkulu, Soe (Nusa Tenggara Timur), dan Sorong (Papua Barat). Merayakan Hari Pendidikan Nasional, Bakti BCA menggelar program BCA Berbagi Ilmu yang diinisiasi oleh rangkaian kuliah umum yang dihadiri mahasiswa sebanyak 3.300 orang di lima perguruan tinggi, dan disampaikan langsung oleh Direksi BCA. Selain itu, program ini menyelenggarakan student banking tour ke sejumlah kantor cabang BCA, yang diikuti peserta lebih dari 500 orang di 5 kota. Program BCA Berbagi Ilmu dilengkapi dengan program kelas merias bagi Sahabat Disabilitas (Teman Tuli), bertajuk The Beauty of Disabilities: Makeup Class with BCA.

Kemudian, BCA pada Januari-Juni tahun ini melaksanakan berbagai program diantaranya donor darah, operasi katarak gratis. Bantuan biaya pengobatan bagi lebih dari 6.800 orang di Klinik Binaan Bakti BCA, donasi sekitar Rp8 miliar untuk program dalam Partnership to Accelerate Stunting Reduction in Indonesia (PASTI). Sedangkan untuk bakti budaya, BCA bersama Perkumpulan Warna Alam Indonesia (Warlami) melaksanakan pembinaan pewarnaan alam kepada kelompok penenun dan pegiat wastra di Timor Tengah Selatan, Baduy, dan Sumba Timur. BCA di semester I/2024 itu melaksanakan pembinaan pewarnaan alam wastra dengan total peserta sebanyak 65 orang.

Dari sisi bakti UMKM & Desa, Bakti BCA berfokus untuk memperluas akses pasar dan promosi untuk sejumlah UMKM & Desa Bakti BCA. Desa Bakti BCA hingga pertengahan tahun ini berhasil mendapatkan pendapatan lebih dari Rp5 miliar. Bakti BCA juga menyelenggarakan workshop Sertifikasi Halal gratis di penjuru Indonesia. Jumlah peserta workshop ini sebanyak 659 pelaku usaha. Nantinya, Bakti BCA memfasilitasi para peserta untuk bisa memperoleh sertifikat halal secara gratis. Bakti BCA juga mendukung revitalisasi Kebun Kopi Cikoneng di Desa Tugu Utara, Bogor, Jawa Barat.

Selain memberikan bantuan alat dan kebutuhan untuk bertani di kebun seluas 10 hektare (ha), Bakti BCA mendukung pelaksanaan program Sekolah Lapang. BCA dan Yayasan Kopi Nasional (YKN) bersama Dinas Tanaman Pangan Hortikultura & Perkebunan (Distanhorbun) Kabupaten Bogor berkolaborasi melaksanakan program Sekolah Lapang. Kegiatan ini memberikan penyuluhan dan pembinaan kepada petani selama satu tahun.

Berdasarkan data yang dihimpun, produksi biji kopi per hektare dan pendapatan petani Kebun Kopi Cikoneng diperkirakan dapat meningkat lebih dari 120% pada 2025. Pada 2024, diperkirakan rata-rata produksi biji kopi dari 10 hektare lahan Kebun Kopi Cikoneng mencapai 308,9 kilogram per hektare.

Pada aspek bakti lingkungan, BCA turut serta dalam mendukung pemerintah dalam konservasi orangutan melalui perbaikan 4 pulau buatan yang terdiri dari dua pulau pra-pelepasliaran serta dua pulau perlindungan (sanctuary), serta turut merehabilitasi 5 orang utan. Selain itu, BCA berpartisipasi pada konservasi penyu. Program ini bekerja sama dengan Banyuwangi Sea Turtle Foundation (BSTF) dalam penelitian Inkubator Buatan (Intan) skala Ruang yaitu media penetasan telur penyu tanpa pasir yang mampu menampung 15.000 telur penyu.

Kemudian, BCA konsisten melakukan pemadaman di 946 kantor cabang selama satu jam, dalam rangka partisipasi pada program global Earth Hour 2024. Bakti BCA juga menyediakan mesin daur ulang botol plastik Bakti BCA di sejumlah titik, dari mulai Institut Teknologi Bandung, sejumlah Desa Bakti BCA, serta di sepanjang pelaksanaan BCA Expoversary 2024. Secara total, mesin daur ulang botol plastikitu telah mengumpulkan lebih dari 16 ribu botol plastik di sepanjang semester I/2024. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved