Capital Market & Investment

Energi Selalu Mengantongi Pendanaan Pra-Seri A

ESB memproduksi motor listrik dengan merek Volta. (dok. ESB)

PT Energi Selalu Baru (ESB), anak usaha PT NFC Indonesia Tbk dan bagian dari MCASH Group, mengantongi investasi dari LX Ventures dan SAIC Capital dalam putaran pendanaan Pra-Seri A . Tidak disebutkan jumlah dana yang disuntikan. Kolaborasi strategis ini bertujuan untuk memperluas pengembangan infrastruktur perusahaan dan ekspansi pasar, sejalan dengan visi bersama untuk masa depan yang berkelanjutan.

Sebelumnya, ESB telah berhasil mengamankan dana investasi dari Rigel Capital dan Twin Towers Ventures, yang menjadi tonggak penting dalam perjalanannya menuju pertumbuhan. Dengan dukungan tambahan dari LX Ventures dan SAIC Capital, perusahaan terus membangun fondasi strategis yang kuat, mempercepat misi untuk mengubah lanskap kendaraan listrik dengan solusi-solusi inovatif dan komprehensif.

LX Ventures, sebagai modal ventura korporat dari grup LX dengan akar dari LG Group, fokus pada kemajuan dalam energi terbarukan, otomatisasi manufaktur dan logistik, bahan ramah lingkungan, dan teknologi semikonduktor. Investasi mereka di ESB akan mengembangkan portofolio mereka dengan fokus pada kemajuan energi terbarukan. Sementara itu, investasi dari SAIC Capital, sebagai lengan investasi dari SAIC yang berfokus pada inovasi otomotif dan teknologi masa depan seperti kendaraan otonom dan energi baru (listrik dan hidrogen), mendukung visi ESB untuk solusi mobilitas berkelanjutan dan teknologi canggih.

Suntikan modal ini akan menjadi kunci dalam mempercepat pengembangan produk, memperluas jangkauan pasar, dan meningkatkan kemampuan teknologi. ESB berencana memanfaatkan investasi ini untuk mengembangkan armada listrik Volta, memperluas infrastruktur pertukaran baterai, dan mengeksplorasi solusi inovatif dalam teknologi kendaraan listrik. Kerjasama ini menegaskan komitmen LX Ventures dan SAIC Capital dalam mendukung ide-ide inovatif menuju ekonomi yang berkelanjutan.

Wanjoong Jun, Direktur Investasi LX Ventures menyatakan pihaknya sangat antusias mendukung ESB dalam misinya untuk merevolusi pasar kendaraan listrik. "Investasi kami sejalan dengan komitmen kami untuk membangun masa depan yang berkelanjutan melalui energi terbarukan, daur ulang sumber daya, dan teknologi pangan,” ujar Jun pada siaran pers yang dikutip pada Jumat (5/7/2024).

Pada kesempatan ini, Okie Octavia Kurniawan, Direktur NFCX, mengatakan, investasi dari LX Ventures dan SAIC Capital akan mempercepat upaya NFCX memperluas armada kendaraan listrik dan infrastruktur penukaran baterai. "Dengan dukungan mereka, kami siap memberikan solusi mobilitas yang lebih inovatif dan berkelanjutan kepada pelanggan kami, memperkuat komitmen kami untuk mengubah lanskap kendaraan listrik,” ucap Okie. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved