Technology

Teknologi AI Menopang Target Return On Investment

Ilustrasi Artificial Intelligence (Foto istimewa)

Return on Investment (ROI) adalah salah satu faktor terpenting dalam dunia bisnis. Indikator ini berguna untuk melihat seberapa efektif bisnis dalam mendapatkan profit dari investasi yang telah dilakukan, termasuk investasi pada teknologi seperti software yang digunakan untuk menunjang operasional perusahaan dan mencapai target ROI.

Setidaknya ada empat tujuan dari ROI, yakni untuk performance measurement, terkait dengan bagaimana investasi yang dilakukan menghasilkan profit untuk bisnis; comparative analysis and decision making, di mana ROI menjadi indikator pertama yang dilihat investor pada bisnis; improving efficiency; dan setting goals and performance incentives.

ROI merupakan indikator untuk mengukur efektivitas sebuah proyek dalam bisnis. “ROI bukan hanya tentang revenue, tapi juga harus melihat benefit-benefit lain karena revenue dan benefit adalah dua hal yang berjalan bersamaan untuk mendapatkan ROI secara komprehensif. Ketercapaian ROI kini tidak lagi hanya dilihat dari jumlah atau hasil penjualan. Namun, AI memberikan berbagai manfaat yang dirasakan oleh pelaku bisnis, seperti brand value, customer satisfaction, employee satisfaction, hingga retention,” kata Anggoro Anindhito, Country Sales Manager RevComm Indonesia, Jumat (5/7/2024).

Terkait hal tersebut, Ritchie Nathaniel, Chief Executive Officer Taptalk.io memaparkan Generative AI dapat dimanfaatkan sebagai tool untuk mencapai tujuan ROI. Ini memungkinkan karena pada dasarnya, Generative AI memiliki kemampuan untuk menghasilkan data atau konten baru dari data-data.

Contohnya chatbot yang dapat memberikan respons chat dari pelanggan secara otomatis layaknya berinteraksi dengan manusia. "Melalui optimasi Generative AI, perusahaan dapat meningkatkan berbagai metrik ROI, seperti menghemat pengeluaran biaya perusahaan untuk pengadaan dan pelatihan agent, meningkatkan kepuasan pelanggan dengan respon customer service yang lebih cepat dan tepat, hingga mendukung lead generation,” ucapnya.(*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved