Trends

Dampak Tokopedia Coffee Fest: Penjualan UMKM Kopi Naik Hingga 50%

(Ki-Ka) Head of Communications Tokopedia and ShopTokopedia, Aditia Grasio Nelwan, Co-Owner at Dua Coffee, Wempi Januar dan Head of Coffee Common Grounds and 3rd Winner World Brewers Cup 2024, Ryan Wibawa. (Foto Ubaidillah/SWA)

Pada 2023, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat produksi kopi di Indonesia mencapai lebih dari 760.000 ton. Sumatra Selatan, Lampung, Aceh, Sumatra Utara hingga Jawa Timur menjadi beberapa provinsi dengan perkebunan kopi terluas di Indonesia pada 2023.

Melihat potensi pasar di dalam negeri yang masih sangat besar, Tokopedia bersama para mitra strategis, termasuk penjual kopi, gencar memacu industri pengolahan kopi agar bisa lebih berdaya saing lewat salah satunya melalui kampanye Tokopedia Coffee Fest.

Kampanye Tokopedia Coffee Fest berlangsung sepanjang 18 Mei-18 Juni 2024 lalu, memungkinkan masyarakat untuk menemukan dan mendapatkan berbagai produk kopi, mulai dari biji kopi, kopi literan, kopi kapsul, drip bag dan produk olahan kopi lainnya. Lewat Tokopedia Coffee Fest, Tokopedia juga menggandeng sejumlah pelaku usaha di industri kopi lokal dari berbagai daerah.

Untuk menghadirkan pengalaman yang menarik, kampanye Tokopedia Coffee Fest juga menghadirkan deretan kegiatan online dan offline yang dapat diikuti masyarakat sepanjang kampanye berlangsung. Misalnya, Tokopedia bersama beberapa pelaku usaha kopi secara eksklusif meluncurkan berbagai jenis blend kopi sehingga masyarakat bisa menikmati coffee blend sesuai ciri khas masing-masing penjual kopi.

“Kampanye Tokopedia Coffee Fest bisa mendongkrak penjualan para pelaku UMKM kopi hingga 50%, dibandingkan dengan periode sebelum para penjual mengikuti kampanye tersebut. Di sisi lain, Tokopedia mencatat kopi bubuk, air mineral, teh celup, jus dan sirup merupakan beberapa produk terlaris di sub kategori minuman selama kuartal II 2024. Beberapa daerah pun mengalami kenaikan tertinggi nilai transaksi terhadap produk kopi di Tokopedia selama kuartal II 2024 dibandingkan kuartal I 2024, yaitu Bengkulu, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tenggara, Gorontalo dan Maluku,” kata Head of Communications Tokopedia and ShopTokopedia, Aditia Grasio Nelwan, Jumat (5/7/2024).

Tidak hanya lewat Tokopedia Coffee Fest, produk kopi juga laris manis di kampanye Beli Lokal yang bisa ditemukan di Tokopedia maupun ShopTokopedia dalam aplikasi TikTok. Tokopedia mencatat penjualan produk makanan dan minuman seperti kopi bubuk naik hampir 2 kali lipat lewat Beli Lokal, jika dibandingkan dengan periode sebelum kampanye berlangsung.

Sementara itu, di ShopTokopedia, berkat kampanye Beli Lokal, kopi, keripik, coklat dan snack coklat, kue dan hotpot instan adalah produk-produk yang paling diburu masyarakat pada kategori Makanan dan Minuman di ShopTokopedia. (*)


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved